by

Gempa di Barat Daya Pacitan, Guncangan Terasa Sampai Yogyakarta

DEPOKRAYANEWS.COM– Gempa bumi bermagnitudo 6 mengguncang barat daya Pacitan, Jawa Timur, pada Kamis 8 Juni 2023 dini hari.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan gempa itu terjadi pada pukul 00.04 WIB dan tidak berpotensi tsunami.

Pusat gempa berada di laut dengan kedalaman 10 kilometer (km) pada koordinat 9,15 Lintang Selatan dan 110,69 Bujur Timur, tepatnya 117 km di barat daya Pacitan.

“Hati-hati terhadap gempa bumi susulan yang mungkin terjadi,” tulis pengumuman BMKG.

Guncangan dilaporkan terasa hingga Yogyakarta dengan skala intensitas V Mercalli (MMI). Kemudian, skala III MMI di Semarang, III Jepara, IV Ponorogo, IV Karangkates, IV Kepanjen, III-IV Nganjuk, III Madiun, III Sukorejo, II Demak, dan III Banjarnegara.

Skala V MMI artinya getaran dirasakan oleh hampir semua penduduk, orang banyak terbangun, gerabah pecah, barang-barang terpelanting, tiang-tiang dan barang besar tampak bergoyang, bandul lonceng dapat berhenti.

Sementara, skala IV MMI artinya getaran dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, di luar oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela/pintu berderik dan dinding berbunyi.

Selanjutnya, Skala III MMI berarti getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.

Adapun Skala II MMI artinya getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

“Gempa terasa pas aku lagi di toilet warkop. Air di ember gerak terus orang-orang di luar mulai teriak gempa. Aku langsung keluar dari warkop,” ujar Krisna (25), salah satu warga di area Malioboro, Yogyakarta, seperti dilansir CNN.

Hingga kini belum ada laporan mengenai kerusakan akibat gempa tersebut.(ris/cnn)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *