by

Golkar Ajukan 3 Anak Muda Calon Menpora Pengganti Zainudin Amali

DEPOKRAYANEWS.COM- Partai Golkar telah menyodorkan tiga nama calon pengganti Zainudin Amali sebagai Menpora kepada Presiden Jokowi. Ketiganya adalah Ilham Permana, Dito Ariotedja, dan Puteri Komarudin.

Bila melihat profilnya, ketiga calon itu adalah anak-anak muda. Kalau Presiden Jokowi menyetujui satu dari tiga orang itu, maka inilah sosok Menpora termuda di Indonesia sepanjang sejarah.

Sekretaris Jenderal Partai Golkar, Lodewijk Freidrich Paulus mengatakan pengajuan nama itu dilakukan Golkar setelah diminta oleh Presiden Jokowi karena Zainudin Amali sudah mengundurkan diri dengan alasan fokus mengurus sepakbola Indonesia.

“Pak Ketua Umum sudah memberikan calon dua orang atau tiga orang sesuai kriteria yang diminta oleh Bapak Presiden Jokowi,” kata Lodewijk Freidrich Paulus.

Menurut Lodewijk, Ketua Umum DPP Partai Golkar sudah dihubungi presiden (Jokowi) dan Presiden sudah memanggil Zainudin Amali.

Berikut sosok 3 calon Menpora yang diajukan Golkar:

1. Ilhan Permana
Pria kelahiran 22 Desember 1978 ini adalah Ketua Umum Pimpinan Pusat Angkatan Muda Partai Golkar (PP AMPG). Ilham pernah menjadi Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Kabupaten Bogor, pada periode 2014-2019

Pria kelahiran 22 Desember 1978 ini memiliki sederet pengalaman di kepengurusan organisasi bidang olahraga. Ilham menjadi Wakil Ketua Umum II, Pengurus Besar Wushu Indonesia (PBWI), untuk masa bakti 2022-2025, mendampingi Airlangga Hartarto, yang menjabat sebagai Ketua Umum PBWI.

2. Dito Ariotedjo (32 tahun)

Dito Ariotedjo

Nama lenkapnya Ario Bimo Nandito Ariotedjo tapi lebih dikenal sebagai Dito Ariotedjo. Dito merupakan salah satu tim ahli Menteri Koordinator Bidang Perekonomian yang juga Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto. Dito juga menjabat sebagai Chairman Rans Sports dan mantan Ketua Umum DPP AMPI (Angkatan Muda Pembaruan Indonesia).

Dito Ariotedjo merupakan seorang aktivis sosial politik Indonesia kelahiran Jakarta 25 September 1990. Lahir dari pasangan Arie Prabowo Ariotedjo dan Arti Laksmigati Ariotedjo, Dito merupakan anak bungsu dari tiga bersaudara

3. Puteri Komarudin
Nama lenkapnya: Puteri Anetta Komarudin. Sosok muda kelahiran 21 Agustus 1993 itu kini tercatat sebagai Anggota Komisi XI DPR RI. Dari namanya ketahuan kalau Puteri adala putri dari mantan Ketua DPR RI Ade Komaruddin.

Puteri Anetta Komarudin

Puteri juga punya pengalaman di bidang olahraga. Semenjak November 2022, Puteri menjabat sebagai Wakil Ketua Umum di Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (KORMI) dan juga anggota Dewan Kehormatan di Pengurus Besar Persatuan Senam Indonesia (PB Persani).

Puteri menyelesaikan sarjana dalam ilmu ekonomi di University of Melbourne dengan gelar Bachelor of Commerce. Selama masa kuliah, ia aktif dalam Perhimpunan Pelajar Indonesia, mengadvokasikan hak-hak migran Indonesia. Setelah lulus, ia bekerja sebagai Pengawas Bank Asing di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) selama tiga tahun.

Pada 2019, Puteri terpilih menjadi anggota DPR sebagai perwakilan Partai Golkar dari Daerah Pemilihan Jawa Barat VII meliputi Kabupaten Bekasi, Karawang, dan Purwakarta. (red)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *