by

Golkar Ajukan Lodewijk F Paulus Pengganti Azis Syamsuddin sebagai Wakil Ketua DPR RI

Depokrayanews.com- Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto akhirnya menunjuk Lodewijk F Paulus sebagai Wakil Ketua DPR menggantikan Azis Syamsuddin yang telah ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK.

Menurut Airlangga, penunjukan Lodewijk yang selama ini menjadi Sekjen DPP Partai Golkar itu telah disetujui oleh senior Golkar, termasuk Luhut Binsar Pandjaitan.

“Partai Golkar telah memutuskan untuk menunjuk Saudara Lodewijk F Paulus sebagai calon Wakil Ketua DPR menggantikan Saudara Azis Syamsuddin,” kata Airlangga Hartarto di Gedung Nusantara III, Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu 29 September 2021.

Keputusan penunjukan Lodewijk sebagai wakil ketua DPR diambil pada rapat pleno Partai Golkar yang digelar pada Senin 27 September 2021 malam.

Menurut Airlangga, penunjukan Lodewijk F Paulus sebagai Wakil Ketua DPR menggantikan Azis Syamsuddin telah melewati berbagai pertimbangan, Salah satunya lewat konsultasi dengan Ketua Dewan Penasihat partai Luhut Binsar Pandjaitan.

“Jadi sudah pembahasan dengan Pak Ketua Dewan Pembina Pak Aburizal Bakrie, Ketua Dewan Pakar Pak Agung Laksono, Ketua Dewan Kehormatan Bapak Akbar Tanjung, dan juga penasehat Luhut Binsar Pandjaitan,” ujar Airlangga.

“Jadi berbagai pertimbangan sudah diterima, juga dalam kesempatan ini kami juga berprihatin dengan yang terjadi dengan Pak Azis Syamsuddin,” kata Airlangga.

Airlangga menegaskan, penunjukan Lodewijk, tidak akan menimbulkan faksi di internal partai tersebut.

“Tidak ada (faksi), kemarin sudah rapat. Namanya rapat sudah, sudah konsensus dan kemarin sudah revitalisasi pengurus,” ujar Airlangga.

Lodewijk, kata Airlangga, merupakan sosok yang tepat menggantikan Azis Syamsuddin sebagai pimpinan DPR. Ia merupakan anggota Komisi I DPR yang dinilai tepat mengisi posisi wakil ketua DPR bidang koordinator politik, hukum, dan keamanan (korpolkam).

“Tentu di Partai Golkar, Pak Lodewijk sebagai Ketua Bidang Koordinator Kajian Strategis dan SDM sebelum menjabat sebagai sekjen,” ujar Airlangga.

DPR telah menerima nama pengganti Azis Syamsuddin dari Golkar. Selanjutnya, DPR akan menyampaikan nama Lodewijk dalam rapat pimpinan Badan Musyawarah (Bamus) pimpinan DPR. Kemudian akan dibawa ke rapat paripurna DPR, yang rencananya akan digelar pada Kamis 30 September 2021 besok.(mad)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed