by

Gubernur Jabar Ridwan Kamil Resmikan Situ Rawa Kalong Cimanggis

Tadinya, di tengah situ akan dibangun arena pertunjukan, tapi tidak mendapat izin dari Direktur Jendral SDA, Kementerian PUPR.

DEPOKRAYANEWS.COM- Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dijadwalkan akan meresmikan Situ Rawa Kalong di Kelurahan Curug, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok, Jumat 5 Agustus 2022 setelah situ itu mengalami revitalisasi.

Situ itu baru saja selesai dibenahi dan ditata sehingga kini tampil lebih cantik dan indah. Tadinya, di tengah situ akan dibangun arena pertunjukan, tapi tidak mendapat izin dari Direktur Jendral SDA, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Sebagai penggantinya kemudian dibangun jembatan apung.

Wakil Walikota Depok, Imam Budi Hartono, Kamis 4 Agustus 2022 meninjau situ itu untuk memastikan kesiapan peresmian dan pembukaan. Dalam kesempatan tersebut, Imam menyempatkan diri mengelilingi situ dan mencoba jembatan apung.

“Kebetulan dulu waktu saya masih di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jabar Komisi D bersama Dinas Sumber Daya Air (SDA) di bawah Gubernur Ridwan Kamil melakukan pembenahan. Saat ini kondisinya sudah bagus dan siap untuk diresmikan,” kata Imam seperti dilansir laman resmi Pemkot Depok, Kamis 4 Agustus 2022.

Imam menjelaskan, pembenahan atau revitalisasi mencakup , turap, pedestrian, dan beberapa ikon instagramable. Sudut itulah yang diinginkan oleh anak muda di sana.

Menurut Imam, lahan situ untuk mengakomodir Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) telah disiapkan. Namun, masih membutuhkan proses untuk penertibannya.

Sedangkan untuk pengelolaan, kata Imam, untuk sementara masih di bawah Dinas SDA Jabar. Mungkin ke depan akan diserahkan kepada koperasi yang bekerja sama dengan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dan masyarakat sekitar. (ril)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *