by

Gubernur Jabar Sentil Walikota Depok: Solusi Permasalahan Ada di Pemimpin Daerah

DEPOKRAYANEWS.COM- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meminta Pemerintah Kota Depok berbenah serta mencari solusi berbagai permasalahan yang ada karena bergabung dengan Provinsi DKI Jakarta bukan hal yang mudah perlu kajian yang panjang.

Emil, begitu dia disapa, menilai keinginan Kota Depok bergabung DKI Jakarta merupakan hal yang wajar. Apalagi Jakarta pun pernah menjadi bagian dari Jawa Barat, tetapi harus rela melepas dan kini menjadi provinsi bahkan ibu kota negara

“Ya yang namanya celetukan boleh boleh aja semua ini kan adalah kesepakatan sejarah dan politik. Dulu Banten bagian Jabar sekarang tidak, ya sejarahnya aja. Dulu Jakarta adalah bagian Jabar, tetapi tahun 50-an berpisah,” kata Emil usai menghadiri acara Business Review Semester 1 Bank Bjb di Trans Luxury Hotel, Jalan Gatot Subroto, Kota Bandung, Selasa, 19 Juli 2022.

Menurut Emil, bukan hal yang mudah untuk Depok melepaskan diri dari Jabar dan bergabung dengan DKI. Emil menilai hal itu butuh kajian yang panjang dan dinilai masih sangat jauh jika diwujudkan saat ini.

Karena itu Emil mendorong Pemkot Depok untuk fokus memberikan berbagai solusi permasalahan yang ada saat ini. Pelayanan dasar bagi masyarakat dinilai Emil justru harus lebih ditingkatkan ketimbang memikirkan untuk bergabung dengan Jakarta.

“Yang penting jangan dikit-dikit mencari solusi yang terlalu jauh, selesaikan permasalahan di wilayah masing-masing secara maksimal. Supaya masyarakat bisa merasakan bahwa solusi ada di pemimpin daerah masing-masing tidak mengandalkan daerah lain,” kata Emil.

Sebelumnya, Walikota Depok Mohammad Idris menyampaikan keinginannya agar daerah penyanga, termasuk Depok bergabung dengan DKI Jakarta menjadi Jakarta Raya agar semua permasalahan yang ada bisa diselesaikan dengan cepat.

Pernyataan Idris itu kemudian mendapat kecaman dari banyak pihak, termasuk dari Wakil Gubernur Jawa Barat UU Ruzhanul Ulum. Menurut Uu, sepertinya Pemerintah Jawa Barat tidak memberikan perhatian kepada daerah penyangga, termasuk Kota Depok.

Anggota DPRD Kota Depok, Babai Suhaimi mengecam pernyataan Idris. Menurut Babai, Idris tidak pernah diberi mandat untuk menggabungkan Kota Depok dengan DKI Jakarta. ”Siapa yang memberi mandat untuk menggabungkan Depok dengan DKI Jakarta.” kata Babai. (ris/ril)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *