by

Gubernur Lemhanas Sebut Silicon Valley Cocok Dibuat di Depok atau Bandung

Depokrayanews.com- Raksasa teknologi dunia banyak yang lahir dan tumbuh di Silicon Valley. Kawasan di San Francisco, California, Amerika Serikat (AS) itu menjadi markas bagi beragam inovasi yang mengubah dunia seperti Google, Facebook, Microsoft, Amazon, hingga Apple.

Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhannas RI) Andi Widjajanto, menyebut konsep Silicon Valley sejatinya bisa diadopsi di Indonesia.

”Silicon Valley di Indonesia harus dibuat di area universitas unggulan yang mencetak talenta-talenta berkualitas. Misalnya saja di Depok yang merupakan lokasi Universitas Indonesia (UI), atau Bandung yang memiliki Institut Teknologi Bandung (ITB),” kata Andi Widjajanto seperti dikutip, Rabu 4 Oktober 2023

Silicon Valley di California karena dekat dengan tempat-tempat yang ada lulusa unggulan. Mereka dekat ke Stanford University yang dipandang sebagai universitas siber terbaik. Di sekelilingnya ada UC Barkeley. Jalan kaki tinggal 10 menit sudah sampai,” kata dia di Gedung Lemhanas, Selasa (3/10/2023).
Baca: Startup Belanja Instan Amblas Rp 446 Triliun, Investor Boncos

“Jadi, dalam bayangan saya, kalau ingin membentuk kepemimpinan digital maka kita harus buat Silicon Valley di dekat UI atau ITB,” kata dia.

Andi mengatakan pentingnya menjembatani lulusan-lulusan universitas dengan kebutuhan industri. Saat ini, sektor teknologi bisa dibilang sebagai kunci untuk menumbuhkan inovasi demi memperkuat ekonomi suatu negara.

Menurut Andi, AS dan China menjadi dua negara yang paling unggul dalam pengembangan teknologi. Menurut dia, hulunya ada pada pengembangan semikonduktor alias chip.

AS merupakan negara yang memegang teknologi chip canggih. Namun, belakangan China juga sudah mulai mandiri mengembangkan teknologi chip gara-gara mendapat sanksi dari AS.

Chip merupakan ‘jeroan’ dari inovasi beragam teknologi, mulai dari produk konsumen seperti smartphone, hingga teknologi satelit dan penerapan kecerdasan buatan (AI).

Andi mengatakan tumpuan pengembangan teknologi ada di Singapura. Negeri tetangga itu bahkan sudah membuat laboratorium komputer kuantum.

Pemanfaatan komputer kuantum bisa beragam, mulai dari simulasi cuaca, pemecahan kode enkripsi, hingga proses pembelajaran mesin (machine learning). (mad/cnbc)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *