by

Gugus Tugas Pertimbangkan Buka Tempat Ibadah untuk Shalat Id

Letjen Doni Monardo ketua Gugus Tuga Covid-19

Depokrayanews.com- Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo menyebut rencana pembukaan tempat ibadah termasuk untuk Salat Idul Fitri berjamaah di masjid masih mempertimbangkan risiko bahaya yang mungkin muncul akibat Covid-19.

“Menyangkut adanya keinginan membuka tempat ibadah, tadi Pak Wapres mengingatkan peserta rapat bahwa pembukaan tempat ibadah sangat tergantung apakah masih ada bahaya yang mengancam atau tidak,” kata dia setelah rapat terbatas dari Jakarta, Selasa 12 Mei 2020.

Doni mengikuti rapat terbatas yang dipimpin Presiden Joko Widodo (melalui konferensi video) dengan topik “Evaluasi Pelaksanaan Penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB)”. Doni menambahkan, pertemuan itu salah satunya membahas kemungkinan pelonggaran untuk membuka tempat ibadah.

Ia mengatakan, jika tidak ada risiko yang berbahaya, mungkin saja, salat dilakukan secara berjamaah di masjid-masjid. “Kalau bahaya tidak ada, bisa saja salat dilakukan. Tapi, kalau masih ada ancaman Covid-19 maka salat Id berjamaah tidak dilakukan,” katanya.

Gugus tugas secara khusus juga telah mendapat tugas dari Presiden Jokowi untuk menyusun dan menyiapkan suatu simulasi sehingga fase-fase dalam pemulihan setiap sektor kehidupan dapat berjalan dengan baik. “Presiden menginstruksikan gugus tugas untuk menyiapkan suatu simulasi agar bila akan melonggarkan tahapan harus jelas, setiap fase ada yang dilakukan,” kata Doni. (antara)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *