by

Gunung Sampah di TPA Cipayung Kini Diselimuti Plastik

-Kotaraya-54 views
Gunung sampah di TPA Cipayung kini diselimuti dengan plastik supaya sampahnya mengendap.

DepokRayanews.com- Gunung sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipayung, Kota Depok sejak beberapa hari ini diselimuti dengan plastik. Langkah ini dilakukan untuk mengurangi bau dan penangkal rasa dingin pada sammpah.

“Plastik ini nanti bisa terurai dan bercampur dengan sampah yang ada,” kata Kepala Unit Pelayanan Teknis (UPT) TPA Cipayung, Ardan Kurniawan, Senin 27 Januari 2020. Penutupan ini dilakukan pada area yang sudah tidak aktif lagi sebagai tempat pembuangan sampahnya karena sudah penuh. Gunung sampah itu kemudian diselimuti dengan plastik untuk bisa membantu penguraian dalam jangka waktu satu bulan.

Penguraian plastik tersebut dikatakan Ardan bisa terjadi dalam jangka waktu kurang lebih satu bulan. Plastik yang digunakan berbeda dengan plastik konvensional yang baru terurai setelah ratusan tahun. Dengan ditutupi pakai plastik, akan terjadi pengendapan gunung sampah sehingga ketinggian gunung sampah berkurang.

”Kalau ketinggian tumpukan berkurang, kita bisa menimbun sampah lagi di lokasi itu,” kata dia. Sebelumnya, pengendapan sampah dilakukan dengan menimbun tanah merah ke atas gunung sampah. Tapi karena sulit mendapatkan tanah merah, digunakan plastik khusus.

Menurut Ardan, karena terbatasnya lahan TPA, maka pihaknya melakukan rekayasa penataan dengan mencari titik-titik di lokasi TPA Cipayung yang masih memungkinkan untuk dimanfaatkan sebagai tempat pembuangan baru. Saat ini TPA Cipayung memanfaatkan lahan di sisi bagian barat dari lokasi gunungan sampah. (ril)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed