by

Gunung Semeru Erupsi, Masyarakat Berlarian Menghindari Asap Pekat

Depokrayanews.com- Gunung Semeru yang terletak di Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, mengeluarkan erupsi, Sabtu 4 Desember 2021. Gunung api tertinggi di Jawa Timur itu mengeluarkan asap pekat berwarna abu-abu berukuran besar. Akibat aktivitasnya itu, masyarakat dan penggali pasir di aliran Sungai Leprak berlarian menjauh menghindar asap pekat.

Berdasarkan video yang diterima redaksi, Gunung yang memiliki ketinggian 3.676 meter itu mengeluarkan hujan abu vulkanik di sekitar Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Lumajang, Jawa Timur. Belum diketahui apakah ada korban jiwa dalam kejadian ini.

Anggota Polsek Candipuro yang sedang berjaga di sana bergegas meminta warga dan sopir-sopir truk pengangkut pasir segera menyingkir. Sebelumnya masyarakat berkumpul untuk melihat banjir lahar dingin yang menerjang kawasan itu.

“Ayo Pak, menyingkir, Pak,” kata Ismail, salah satu petugas Polsek Candipuro seperti dilaporkan tvone, Sabtu 4 Desember 2021 petang.

Ismail meminta masyarakat segera meninggalkan lokasi karena berpotensi bahaya. “Pertama ada letupan kecil, sekarang diperkirakan erupsi, kalau dari awan panasnya sudah kelihatan,” kata Ismail.

Setelah itu warga dan penambang pasir segera meninggalkan lokasi. Sementara hujan abu turun semakin pekat, disertai kerikil. (ris)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *