by

Hadiri KTT G7, Presiden Jokowi Bawa Misi Perdamaian di Ukraina

DEPOKRAYANEWS.COM- Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mengajak negara-negara anggota G7 untuk bersama-sama mengupayakan perdamaian di Ukraina.

“Pagi hari ini saya dan rombongan terbatas akan berangkat untuk berkunjung ke beberapa negara. Pertama, akan ke Jerman untuk menghadiri KTT G7, di mana kita di sini sebagai partner country dari G7 dan juga diundang untuk menghadiri KTT G7 ini sebagai ketua presidensi G20. Kita akan mendorong mengajak negara G7 untuk bersama-sama mengupayakan perdamaian di Ukraina,” kata Presiden Jokowi jelang keberangkatannya untuk menghadiri sejumlah agenda kenegaraan di luar negeri, Minggu 26 Juni 2022.

Jokowi mengaku akan mengajak negara-negara yang tergabung di dalam G7 untuk mencari solusi bersama dalam menghadapi krisis pangan serta energi yang sedang melanda dunia. “Memang upaya ini tidak mudah, tapi kita, Indonesia, akan terus berupaya,” kata dia.

Jokowi menyatakan dirinya akan mengunjungi Ukraina untuk bertemu Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky. Dalam kunjungan itu Jokowi membawa misi mengajak Zelensky untuk membuka ruang dialog dalam rangka perdanaian untuk membangun pedamaian.”Perang memang harus dihentikan dan pasok pangan harus diaktifkan kembali,” kata Jokowi.

Presiden Jokowi juga akan menuju Rusia untuk bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin dengan membawa misi serupa.”Sekali lagi dengan misi yang sama saya akan mengajak Putin membuka ruang dialog dan sesegera mungkin untuk melakukan gencatan senjata dan menghentikan perang,” kata mantan Gubernur DKI Jakarta itu. (mad)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *