by

Hadiri May Day, BPJS Kesehatan Depok Bersama Dinas Tenaga Kerja Siap Tampung Aspirasi Pekerja

DEPOKRAYANEWS.COM- Peringatan Hari Buruh Internasional atau biasa disebut May Day yang bertepatan tanggal 1 Mei setiap tahunnya selalu dihiasi dengan berbagai warna.

Begitu juga dengan peringatan May Day di Kota Depok, panitia peringatan May Day di Kota Depok pada tahun 2023 ini memberikan sentuhan tema yang cukup menarik yaitu “Merajut Kebersamaan Pekerja dan Pengusaha di Hari yang Fitri”.

Kegiatan ini dihadiri oleh banyak pihak mulai dari serikat pekerja, jajaran pemerintah terkait, asosiasi terkait juga perwakilan dari perusahaan-perusahaan yang ada di Kota Depok.

BPJS Kesehatan sebagai instansi pemerintah yang juga terlibat dalam kesejahteraan rakyat termasuk pekerja, khususnya dalam bidang kesehatan juga hadir pada kegiatan ini.

Sidik Mulyono selaku Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Depok mengatakan karena tanggal 1 Mei 2023 ini berdekatan dengan Hari Raya Idul Fitri, sehingga tema kegiatan juga dikaitkan dengan Hari Raya.

“Saya sampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada rekan-rekan buruh yang mengadakan Kegiatan May Day khususnya di Kota Depok ini karena pada tahun ini peringatan May Day berlangsung sangat kondusif,” kata Sidik.

Info yang diterima Sidik dari pemerintahan Jawa Barat di beberapa wilayah terdapat kegiatan yang tidak kondusif. ”Jadi saya berterima kasih kepada teman-teman buruh karena telah menciptakan kondisi yang sangat kondusif mudah-mudahan ini menunjukkan bagaimana komunikasi kami selama ini yaitu sudah cukup berjalan dengan baik. Karena menurut saya komunikasi merupakan kunci, jadi perlu terus dipupuk dengan baik komunikasi antara buruh, perusahaan, pemerintah kota, Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO), Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN), dan juga tentunya instansi terkait seperti BPJS Kesehatan dan BPjamsostek,” kata Sidik yang ditemui di Gedung Balai Rakyat Depok tengah menghadiri Kegiatan Peringatan May Day 2023 Kota Depok, Rabu 10 Mei 2023.

Elshe Theresia Kepala Cabang BPJS Kesehatan Depok juga menyampaikan dirinya dan tim siap support untuk terus membangun komunikasi yang baik dari pihak-pihak tersebut.

Tidak hanya itu, menurut Elshe setiap lembaga atau pihak terkait juga harus mau jadi bagian yang menerima segala aspirasi pekerja. Agar hal-hal yang memang perlu diperbaiki bisa segera ditanggapi dengan sigap dan dapat segera ditemukan solusi yang adil bagi setiap pihak.

Dikatakan Elshe, selama ini BPJS Kesehatan telah memiliki regulasi terkait Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) dimana apabila terdapat pekerja yang mengalami PHK sesuai ketentuan berlaku dan mampu memenuhi syarat yang ada maka pekerja berhak tetap mendapatkan pelayanan kesehatan. Hal tersebut merupakan salah satu bentuk dari kepeduliannya BPJS Kesehatan kepada pekerja.

“Tema yang diusung panitia pada kegiatan peringatan May Day Kota Depok tahun 2023 ini sangat menarik, suasana Hari Raya Idul Fitri yang masih terasa mudah-mudahan menjadi momen untuk kita sama-sama membangun suasana yang terus kondusif,” kata Elshe.

Segmen kepesertaan pada Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) salah satunya adalah Pekerja Penerima Upah (PPU) sehingga BPJS Kesehatan berhubungan langsung dengan perusahaan-perusahaan di Kota Depok.

”Alhamdulillah hubungan yang selama ini kami bina dengan PIC perusahaan maupun serikat pekerja terjalin dengan baik. Mudah-mudahan dengan hubungan baik kita bisa sama-sama turut menyukseskan Program JKN, sehingga pekerja terus memiliki jaminan kesehatan dan Program JKN bisa terus sustain.” kata Elshe. (DR/se)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *