by

Hampir 2.000 Anak Kehilangan Orang Tua Akibat Covid-19

Masa bermain anak-anak yang paling indah

Depokrayanews.com- Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA) mendata hampir 2.000 anak kehilangan orang tuanya akibat wabah covid-19.

Asisten Deputi Pemenuhan Hak Anak atas Pengasuhan Keluarga dan Lingkungan Masyarakat KemenPPPA Rohika Kurniadi Sari, dalam diskusi daring yang diselenggarakan Save the Children, mengatakan sebagian besar dari mereka orang tuanya meninggal dunia karena terinfeksi virus corona. Karenanya, anak-anak itu mayoritas menjadi yatim piatu.

“Berdasarkan data sementara ini sudah ada 1.923 anak yang terpisah dengan orangtuanya karena pandemi Covid-19,” kata Rohika Kurniad Sari, Asisten Deputi Pemenuhan Hak Anak atas Pengasuhan Keluarga dan Lingkungan Masyarakat KemenPPPA dalam diskusi daring yang diselenggarakan Save the Children, Kamis 11 Juni 2020.

Dikatakan, sebagian besar dari mereka orang tuanya meninggal dunia karena terinfeksi virus corona. Karenanya, anak-anak itu mayoritas menjadi yatim piatu. Akibatnya, anak-anak itu terganggu secara mental dan psikologis. Mereka mengalami kondisi sedih dan berduka yang mendalam.

Anak-anak itu juga kehilangan tempat mengadu untuk meminta yang dibutuh dan diinginkan. Masa depan mereka pun terancam karena kehilangan orang yang membiayai pendidikanya. “Tentu mereka kehilangan pengasuh mental dan kehilangan figur kasih sayang,” kata dia.

Kendati begitu, lanjut Rohika, KemenPPPA telah menyiapkan upaya untuk membantu anak-anak yang kehilangan orang tua karena wabah. Pemerintah akan melakukan intervensi terhadap anak-anak itu agar mereka tetap mendapatkan hak-haknya sebagai anak.

“intervensinya nanti kita jangkau dengan assement awal sesuai kebutuhan,” kata dia. (mad)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *