by

Harga BBM di Malaysia Lebih Murah dari Indonesia, Ini Penjelasan Dirut Pertamina

DEPOKRAYANEWS.COM- Harga Bahan Bakar Minyak (BBM) di Malaysia jauh lebih murah dibanding Indonesia. Harga BBM di Malaysia untuk tipe Ron 95 atau setara pertamax plus misalnya, lebih murah dari pertalite.

Mengutip laman globalpetrolprices.com, BBM RON 95 di Malaysia saat ini dijual dengan harga 2,05 ringgit per liter atau setara dengan Rp6.964 (asumsi kurs Rp3.397 per ringgit Malaysia). Sementara BBM RON 97 harganya 3,91 ringgit per liter yang setara dengan Rp 13.283.

Kenapa bisa terjadi ? Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan hal itu terjadi karena subsidi yang diguyurkan oleh Pemerintah Malaysia kepada Petroliam Nasional Berhad (Petronas), perusahaan minyak dan gas milik Malaysia, lebih besar daripada yang digelontorkan Indonesia.

“Petronas subsidinya jauh lebih besar dari Indonesia. Makanya harga jual BBM-nya itu lebih murah karena minyak yang digunakan Malaysia, Amerika, dan Indonesia dipatok berdasarkan minyak dunia. Sama saja sebenarnya,” kata Nicke pada Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi VI DPR, Rabu 6 Juli 2022.

Sebelumnya, PT Pertamina (Persero) memperkirakan kuota BBM subsidi jenis pertalite dan solar jebol akhir tahun ini. Perkiraan mereka dasarkan pada peningkatan mobilitas penduduk yang meningkat dan tren penjualan BBM subsidi yang terus bertambah.

Untuk pertalite, Nicke Widyawati memprediksi konsumsinya meningkat jadi 28,5 juta kiloliter, jauh di atas yang sudah ditetapkan pemerintah untuk tahun ini yang sebesar 23 juta kiloliter.

Sementara itu untuk solar, ia memperkirakan konsumsi naik dari 14,9 juta kiloliter menjadi 17,2 juta kiloliter. “Jenis bahan bakar penugasan ini akan meningkat melebihi kuotanya,” kata Nicke. (mad)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *