by

Harga Minyak Goreng Curah di Pasar Sukatani Depok Rp 14 Ribu per Liter

DEPOKRAYANEWS.COM- Harga minyak goreng curah di Pasar Sukatani, Kecamatan Tapos Kota Depok kini dijual Rp 14.000 per liter, sesuai harga eceran tertinggi (HET) yang ditetapkan pemerintah.

Kepala UPT Pasar Sukatani, Hidayat mengatakan penjualan minyak Rp 14.000 per liter bisa dilakukan karena ada subsidi dari pemerintah bekerjasama dengan Indomarco.

“Indomarco yang mengirim minyak goreng itu ke Pasar Sukatani sebanyak 10 jerigen per hari. Masing-masing jerigen berisi 18 liter,” kata Hidayat, kepada depokrayanews.com, Jumat 27 Mei 2022.

Penjualan minyak subsidi pemerintah itu kemudian diserahkan kepada pedagang. Kebetulan di Pasar Sukatani hanya 1 pedagang yang siap menjual minyak curah itu, yakni Toko Ibu Dewi.

Harga jual dari Indomarco sebesar Rp 13.000 per liter, kemudian oleh pedagang dijual Rp 14.000 per liter.

Menurut Hidayat, penjualan harga minyak goreng Rp 14.000 per liter itu sudah dilaksanakan sejak sepeka menjelang lebaran, sampai sekarang.

Hidayat belum mengetahui secara pasti sampai kapan penjualan minyak goreng bersubsidi itu dilakukan, karena ini merupakan kebijakan dari pemerintah pusat.

“Kita belum dapat arahan sampai kapan program ini dilaksanakan. Mudah-mudahan sampai harga benar-benar normal kembali” kata dia.

Pembelian minyak curah bersubsidi itu dibatasi maksimal 2 liter per orang per hari. Dan setiap pembeli harus menunjukan KTP Depok.

Pihak UPT Pasar Sukatani mensosialisasikan penjualan minyak curah itu melalui pengeras supaya diketahui oleh semua pengunjung pasar. “Sehingga yang tadinya tidak tahu, menjadi tahu. Sebagian besar yang membeli minyak goreng curah itu adalah pedagang,” kata Hidayat yang belum lama menjadi Kepala UPT Pasar Sukatani.

Pemilik Toko Ibu Dewi mengaku tidak kerepotan menjual minyak goreng curah bersubsidi itu meskipun harus mengemas sendiri ke dalam plastik isi 2 liter dan untungnya sangat kecil. “Kita sudah terbiasa begini. Namanya juga pedagang. Walaupun untungnya sedikit tidak apa apa,” kata dia.

Minyak goreng curah yang didrop setiap hari sebanyak 10 jerigen ke Toko Ibu Dewi selalu habis karena masyarakat sangat membutuhkan.

Sementara di di Pasar Cisalak harga minyak goreng curah berkisar antara Rp 16.000 sampai Rp 18.000 per liter. (red)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed