by

Harga Minyak Melemah, Harta Kekayaan Orang Terkaya Asia Tergerus Rp 93,6 Triliun

Depokrayanews.com- Harta orang terkaya se-Asia, Mukesh Ambani teegerus hingga 6,5 miliar dolar AS atau sekitar Rp 93,6 triliun gara-gara melemahnya harga minyak di pasar global.

Mukesh Ambani adalah miliader asal India pengelola perusahaan multinasional Reliance Industries. Karena harga minyak melemah, harga saham Reliance turun hingga 8,6 persen pada perdagangan Senij 2 November 2020 lalu.

Harga saham Reliance di bursa saham Mumbai langsung ajlok setelah pengumuman kinerja perusahaan yang tidak memuaskan, sejalan dengan pelemahan harga minyak di pasar global.

Laba sebelum pajak perusahaan yang salah satu fokusnya minyak dan gas itu menurun 30 persen pada kuartal III-2020, dibanding periode yang sama tahun lalu.

Penurunan laba tersebut utamanya diakibatkan oleh sektor petrokimia dan migas Reliance.

Namun, penurunan itu mampu diimbangi oleh pertumbuhan yang kuat dalam bisnis telekomunikasinya, Jio, yang labanya naik hampir 20 persen sejak kuartal sebelumnya.

Sebagai informasi, Ambani telah mencoba mengubah arah model perusahaan multinasional dalam beberapa tahun terakhir dari raksasa minyak dan petrokimia menjadi perusahaan yang lebih fokus pada teknologi dan layanan digital.

Miliarder 63 tahun itu telah berupaya untuk mengurangi ketergantungan Reliance pada sektor energi, yang terpukul keras di tengah pandemi, dengan memperkuat bisnis telekomunikasi dan e-niaga.

Meskipun saham Reliance baru-baru ini anjlok, sahamnya masih naik sekitar 25 persen sepanjang tahun ini. Hal itu pun meningkatkan kekayaan Ambani, yang hampir dua kali lipat. (mad/cnn)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *