by

Hari Terakhir Penerapan PPKM Level 4, Kasus Positif Covid-19 Bertambah 38.679

Depokrayanews.com – Kasus positif Covid-19 bertambah 38.679 pada hari terakhir penerapan PPKM level 4 pada Minggu 25 Juli 2021.

Dengan demikian, total kasus Covid-19 sejak pertama kali ditemukan pada Maret 2020 sudah mencapai 3.166.505 kasus.

Berdasarkan data Satgas Penanganan Covid-19 pemerintah pusat, dari jumlah kasus positif itu, sebanyak 2.509.318 di antaranya telah sembuh. Pasien yang sembuh dari infeksi Covid-19 bertambah 37.640 pada hari Minggu ini.

Kasus aktif kini ada sebanyak 573.908 atau turun 227 dari hari sebelumnya. Kasus aktif merupakan jumlah pasien yang masih terinfeksi virus corona. Jumlah spesimen yang diperiksa sebanyak 173.472.

Kasus positif virus corona belum melandai meski pemerintah telah menerapkan PPKM Darurat dan PPKM Level 4 di sejumlah wilayah. Kasus positif dan kematian per hari masih bertambah dalam jumlah yang tergolong tinggi.

Seperti diberitakan, pemerintah menerapkan PPKM Darurat sepanjang 3-20 Juli guna menekan lonjakan kasus virus corona.

Satgas Penanganan Covid-19 pernah menyatakan bahwa lonjakan terjadi akibat penularan dari tenaga kerja Indonesia yang datang dari luar negeri. Diperparah oleh mobilitas masyarakat di masa mudik Idulfitri.

Jumlah kasus mengalami lonjakan karena mutasi atau varian virus corona baru. antara lain B117 Alfa, B1351 Beta, dan B1617.2 Delta. Varian yang paling cepat menular dan paling banyak ditemukan di Indonesia yakni Delta yang berasal dari India.

Akibat lonjakan kasus positif, jumlah pasien yang membutuhkan perawatan pun bertambah sangat banyak. Tak sedikit rumah di berbagai daerah yang tingkat keterisiannya melebihi 90 persen. Tabung oksigen pun kian langka.

Pemerintah lalu mengambil sejumlah kebijakan guna mengatasi masalah yang ada demi penanganan yang optimal. Misalnya dengan membuka rumah sakit lapangan di berbagai daerah, menambah jumlah tempat isolasi hingga mempercepat distribusi oksigen ke berbagai daerah.

Program vaksinasi pun masih berjalan guna menciptakan kekebalan kelompok atau herd immunity. Mulanya, vaksin dipercaya bisa menurunkan potensi gejala jika sudah terinfeksi Covid-19.

Namun, akibat varian baru, tak sedikit warga yang meninggal dunia meski sudah mendapat dua kali suntikan vaksin. Pemerintah lantas mewacanakan penyuntikan vaksin untuk ketiga kalinya. (mad)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed