by

Hasil Asesmen Psikologis, LPSK Sebut Putri Candrawathi Alami Masalah Kesehatan Jiwa

DEPOKRAYANEWS.COM- Wakil Ketua Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) Susilaningtias menyebut istri Irjen Ferdy Sambo, Putri Candrawathi, mengalami indikasi masalah kesehatan jiwa. Hal itu diketahui dari hasil asesmen psikologis yang dilakukan pada Selasa 9 Agustus 2022 lalu di kediaman Putri sebagai pemohon.

“Pemohon telah menjalani pemeriksaan medis termasuk psikiatri dan psikologis. Dari hasil pemeriksaan dan observasi didapatkan kumpulan tanda dan gejala masalah kesehatan jiwa,” kata Susilaningtias kepada wartawan di Jakarta, Senin 15 Agustus 2022.

Menurut Susilaningtias, tim psikolog yang melakukan asesmen psikologis memiliki beberapa catatan terhadap Putri.

LPSK tidak mendapat keterangan apa pun dari Putri saat proses asesmen tersebut. Antara lain, Putri tidak memiliki kompentensi psikologis yang cukup memadai untuk menjalani pemeriksaan dan memberikan keterangan termasuk kepada LPSK.

“Kemudian, pemohon tidak dapat disimpulkan untuk memenuhi kriteria dipercaya terkait dengan peristiwa kekerasan seksual atau pembunuhan karena tidak diperoleh keterangan apa pun dari pemohon,” kata Susilaningtias.

Selanjutnya, LPSK menyebutkan tidak ditemukan ada risiko yang dipersepsikan sebagai ancaman dari pelaku kekerasan seksual yang sudah tewas yakni Brigadir J terhadap Putri. Justru, LPSK menemukan adanya potensi keberbahayaan terhadap Putri yang disebabkan oleh kondisi psikologisnya.

“Kondisi psikologisnya menjadi PTSD, mengalami kecemasan dan depresi serta ditemukan potensi risiko keberbahayaan yang mengandung kekerasan sekunder dari tayangan media atau pihak pihak yang memberikan tekanan dalam atau selama proses hukum kasus ini berjalan,” kata dia.

Seperti diberitakan sebelumnya, LPSK telah resmi menolak permohonan perlindungan terhadap Putri Candrawathi terkait kasus tewasnya Brigadir J alias Nofriansyah Yosua Hutabarat karena polisi menghentikan penyidikan laporan dugaan pelecehan kepada Putri yang dilaporkan ke Polres Jakarta Selatan. (mad/ris)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *