by

Hasil Studi Ahli RSUP Persahabatan: 66,5 Persen Pasien di Indonesia Alami Long Covid

DEPOKRAYANEWS.COM- Sejumlah ahli dari RSUP Persahabatan Jakarta melakukan studi bertajuk “Clinical Characteristics and Quality of Life of Persistent Symptoms of Covid-19 Syndrome in Indonesia”. Hasilnya cukup mengejutkan.

Dari 385 responden, sebanyak 66,5 persen atau sekitar 256 diantaranya mengalami gejala long covid, atau gejala berkepanjangan akibat infeksi virus corona penyebab Covid-19. Hasil studi itu menyebut, ini menjadi sebuah ancaman.

”Long Covid diyakini terjadi akibat sindrom pernapasan akut yang berdampak pada organ lain,” tulis para peneliti dalam paparan hasil studi belum lama ini.

Sebagian besar pasien (54,3 persen) mengalami long Covid selama 14 hari hingga satu bulan. Sebanyak 43 persen lainnya mengalami gejala berkepanjangan selama 1-6 bulan. Sisanya sebanyak 2,7 persen mengalami long Covid hingga lebih dari enam bulan.

Ditemukan juga beberapa gejala yang terjadi pada long Covid, diantaranya:

– demam (1,9 persen);
– kelelahan (29,4 persen);
– batuk (15,5 persen);
– nyeri otot (11,7 persen);
– dispnea (11,2 persen);
– sakit kepala (11 persen).

Studi juga menemukan, risiko long Covid secara signifikan ditemukan lebih tinggi pada pasien berusia lebih tua serta memiliki komorbid seperti asma, hipertensi, dan diabetes.

“Risiko long Covid secara signifikan lebih tinggi pada subjek dengan usia yang lebih tua, memiliki komorbid, mengalami pneumonia, serta mereka yang membutuhkan terapi oksigen,” tulis para peneliti.

Hasil analisis mengungkapkan pneumonia sebagai salah satu faktor yang paling berpengaruh dalam memicu long Covid. Sebanyak 81,5 persen pasien yang mengalami pneumonia mengalami long Covid.

Tak hanya itu, long Covid juga dipicu oleh status gizi pasien. Sebanyak 169 pasien dengan obesitas ditemukan mengalami long Covid. Angka ini berbeda dengan hanya 87 persen pasien dengan obesitas yang tidak mengalami long Covid. (mad/cnn)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed