by

Hasil Survei SMRC: Ganjar Lebih Disukai Ketimbang Prabowo dan Anies

DEPOKRAYANEWS.COM- Hasil survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menunjukkan tingkat kesukaan masyarakat terhadap Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo lebih tinggi dibanding Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Dari hasil survei SMRC, tingkat kesukaan terhadap Ganjar berada pada angka 83 persen. Sementara, Anies hanya 74 persen dan Prabowo 71 persen.

”Tingkat kesukaan warga terhadap Ganjar juga tergolong stabil. Jika dibandingkan dengan Maret 2021, tingkat kesukaan terhadap Ganjar berada di angka 81 persen dan naik menjadi 83 persen pada hasil survei Agustus 2022,” kata Direktur Riset SMRC Deni Irvan, Kamis 8 September 2022.

Sementara, Anies dan Prabowo menunjukkan kecenderungan menurun. Anies pada Maret 2021 memiliki tingkat kesukaan 77 persen dan menurun menjadi 74 persen pada Agustus 2022.

Begitu juga dengan Prabowo yang memiliki tingkat kesukaan 75 persen pada Maret 2022 harus turun menjadi 71 persen pada Agustus 2022.

Akan tetapi, tingkat kesukaan masyarakat itu masih bisa berubah. Hal ini tergantung publik menilai calon tersebut hingga Pilpres 2024 digelar.

Deni menjelaskan bahwa ada sejumlah faktor yang bisa mempengaruhi tingkat kesukaan masyarakat. Misalnya, apabila ada salah satu calon yang tersangkut kasus korupsi, bisa dipastikan tingkat kesukaan menurun.

Sebaliknya, jika calon tersebut terlihat berkinerja lebih baik, maka tingkat kesukaan juga bisa ikut terkerek.

Survei SMRC dilakukan pada 5-13 Agustus 2022 dengan melibatkan 1.220 responden di berbagai wilayah Indonesia. Responden merupakan mereka yang sudah memiliki hak suara di Pemilu 2024.

Survei dilakukan dengan wawancara tatap muka bersama responden. Margin of error survei sekitar 3,1 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. (mad/cnn)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed