by

Heboh, Pesepeda Masuk Jalan Tol Jagorawi

Peseda bikin heboh gara-gara masuk ke Jalan Tol Jagorawi.

Depokrayanews.com- Rombongan pengendara sepeda bikin heboh karena nekad masuk Jalan Tol Jagorawi, pada Minggu 13 September 2020.

Pesepeda itu masuk tol di KM 46+500 (Polingga) sekitar pukul 11.00 WIB. Aksi mereka sempat direkam pengguna jalan dan diunggah di media sosial.

“Benar (ada kejadian itu),” kata Kepala Induk Turangga 04 Jagorawi Komisaris Fitriasa Kamila, Minggu 13 September 2020.

Rombongan pesepeda itu diketahui masuk melalui akses masuk Jalan Tol Jagorawi KM 47+200 dan mencoba melawan arah dengan menyeberang di median KM 46+500 menuju Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) KM 45.

Pengelola tol, PT Jasa Marga sangat menyayangkan peristiwa tersebut. Sebab, ruas jalan tol hanya diperuntukkan bagi kendaraan roda empat atau lebih.

“Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 15 Tahun 2005, Pasal 38 Ayat 1, disebutkan, jalan tol hanya diperuntukkan bagi pengguna jalan yang menggunakan kendaraan bermotor roda empat atau lebih,” kata General Manager Representative Office 1 Jasamarga Metropolitan Tollroad Regional Division Oemi Vierta Moerdika dalam keterangannya.

Oemi mengatakan selama ini Jasa Marga telah memasang rambu informasi terkait kendaraan roda dua dilarang melintas di ruas jalan tol, rambu kendaraan yang boleh melintas, dan sebagainya.

Menurut Oemi, rambu tersebut dipasang untuk memastikan keselamatan pengendara roda dua serta pengguna jalan tol lainnya.

“Jalan tol sebenarnya berbahaya bila dilewati kendaraan roda dua, sebab spesifikasi rancang bangunnya ditujukan untuk kendaraan roda empat atau lebih,” kata dia.

“Pengendara sepeda juga akan bermasalah dengan empasan angin dari kendaraan lain sebab jalan tol dibuat tanpa hambatan,” kata Oemi.

Peristiwa rombongan pesepeda melintas di ruas jalan tol itu terekam dalam sebuah video dan beredar di media sosial. Salah satunya diunggah akun Instagram @warung_jurnalis.

Sumber: cnnindonesia

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed