by

Hehamahua Ingin Selamatkan Masyumi Sebelum Tutup Usia

Depokrayanews.com- Mantan penasihat Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Abdullah Hehamahua yang ditunjuk sebagai ketua Majelis Syuro Partai Masyumi mengaku ingin menyelamatkan partai berlambang bulan dan bintang itu sebelum dirinya tutup usia.

“Dalam kondisi gonjang-ganjing internal keluarga besar Masyumi, saya sebelum menutup mata, saya tampil ke depan untuk menyelamatkan kondisi internal umat Islam, khususnya Masyumi,” kata Hehamahua dalam keterangan pers video pengumuman kepengurusan Partai Masyumi yang dikutip Selasa 6 April 2021.

Sebagai salah satu sosok yang hadir sejak kejayaan Partai Masyumi dulu, Hehamahua mengatakan bahwa dia memiliki tanggung jawab moral terhadap partai ini. Setelah senior-senior Partai Masyumi meninggal, seperti Muhammad Natsir, Mohammad Roem, Yunan Nasution, dan Husein Umar.

“Abdullah Hehamahua mengatasnamakan HMI dan itu orang (nama-nama yang disebutkan dalam pernyataannya) sudah meninggal, tinggal saya sendiri. Maka dari itu, tanggung jawab moral saya sebagai orang yang diamanahkan,” ujar Hehamahua.

Menurut Hehamahua, setalah pembubaran Partai Masyumi pada 1959, partai berlambang bulan dan bintang itu sebetulnya berusaha untuk bangkit kembali. Namun, usaha yang dilakukan pada Orde Baru disebutnya sulit sehingga urung terlaksana waktu itu.

Baru setelah reformasi, Partai Masyumi kembali lahir. Meski waktu itu perolehan suara yang diperoleh pada Pemilihan Umum (Pemilu) 1999 tak seperti kejayaannya pada masa lalu.

“Kemudian, tidur lagi dan sekarang waktunya untuk kita kembali lagi,” ujar Hehamahua.

Menurutnya, kematian untuk dirinya dan semua orang adalah sesuatu yang absolut. Dengan demikian, ia mengaku tak takut dengan kematian yang pasti akan datang kepadanya, entah sekarang atau pada waktu lain.

“Untuk itu, dalam sisa usia yang sudah senja itu, kalau ditakdirkan Allah mengambil saya, bapak-bapak ibu-ibu yang masih muda dari saya, lanjutkan terus dan sekali lagi berkembang pantang mundur ke belakang. Mati pasti, jadi Anda jangan takut dengan mati,” ujar Hehamahua.

Masyumi Reborn telah mengumumkan kepengurusannya. Mantan politikus Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Ahmad Yani resmi ditunjuk sebagai ketua umum Partai Masyumi Reborn periode 2021-2026.

“Masyumi ini lahir adalah dalam rangka merespons hadirnya partai Islam di tengah-tengah masyarakat, yang pilihan-pilihan politiknya masih belum menentukan pilihannya,” ujar Ahmad Yani, Senin 5 April 2021.

Partai yang diketuainya memiliki jargon “Masyumi Memanggil”. Namun, Ahmad Yani menegaskan, kehadiran Partai Masyumi Reborn bukanlah untuk melemahkan partai-partai Islam di Indonesia yang sudah ada. (rol)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *