by

Helikopter Rombongan Kapolda Jambi Mendarat Darurat di Bukit Tamia, Semua Penumpang Selamat

DEPOKRAYANEWS.COM- Helikopter yang ditumpangi Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono, mendarat darurat di sebuah Bukit Tamia, Muara Emat, Kerinci, pada Minggu 19 Februari 2023.

“Mendarat darurat di Bukit Muaro Emat, Kabupaten Kerinci, seluruh penumpang dalam keadaan selamat,” kata Kabid Humas Polda Jambi Kombes Mulia Prianto dalam keterangan resminya, Minggu 19 Februari 2023.

Menurut Mulia, Helikopter Polri jenis Super Bell 3001 itu membawa Kapolda Jambi beserta rombongan dalam rangka kunjungan kerja ke Polres Kerinci.

Penumpang yang mendampingi Kapolda yakni Dirreskrimum Polda Jambi Kombes Andri Ananta Yudistira, Dirpolairud Polda Jambi Kombes Michael Mumbunan, Koorspri Kompol Ayani dan ADC.

Tim SAR Polres Kerinci, helikopter dari Tim SAR dan helikopter Sinar Mas langsung menuju ke lokasi kejadian untuk mengevakuasi para penumpang.

Belum diketahui secara pasti penyebab helikopter rombongan kapolda Jambi mendarat darurat. Kepolisian saat ini masih melakukan pendalaman

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan helikopter yang membawa rombongan Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono sempat hilang kontak sebelum mendarat darurat di sebuah Bukit Tamia, Muara Emat, Kerinci, Jambi.

“Mengalami lost contact di jam 11.20 dan kemudian kita mendapatkan informasi bahwa telah dilakukan pendaratan darurat,” kata Sigit kepada wartawan di Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu 19 Februari 2023.

Menurut Sigit, helikopter membawa delapan orang penumpang. Saat itu rombongan sedang dalam perjalanan menghadiri kegiatan peresmian salah satu kantor. Semua penumpang dalam kondisi selamat meski ada beberapa orang terluka. Beberapa dari penumpang juga sempat berkomunikasi dengan aparat.

“Mereka juga bisa berkomunikasi dengan kita walaupun kadang kala ada kesulitan, namun di satu sisi kita telah mengetahui titik koordinat bagaimana helikopter tersebut melakukan pendaratan darurat,” kata Kapolri.

Sigit mengatakan ada dua helikopter, personel Brimob yang dikirimkan untuk membantu proses evakuasi. “Kita dibantu juga oleh masyarakat ataupun para pecinta alam yang kebetulan juga mengetahui dan membantu kita untuk menuju ke titik yang kita akan lakukan evakuasi,” kata dia. (ant/mad)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *