Hidup Merantau, Aulia Lindungi Diri dengan JKN-KIS

Sebarkan :

 

Aulia Maftukhatun Rizkoh, peserta JKN-KIS

Depokrayanews.com– Hidup sendiri jauh dari keluarga tentu tidaklah mudah. Seperti yang dirasakan oleh Aulia Maftukhatun Rizkoh yang merantau dari kampung halamannya di Kabupaten Tegal ke Kota Depok untuk bekerja.

Merantau sendiri ke tempat orang membuat Aulia harus hidup mandiri dan tidak bergantung pada orang lain. Untuk itu, Aulia berusaha melindungi dirinya sendiri. Termasuk dari ketidakpastian kondisi kesehatannya. Oleh karena itu, Aulia mendaftar menjadi peserta JKN-KIS.

Saat berkunjung ke Kantor BPJS Kesehatan Cabang Depok untuk melakukan pendaftaran sebagai peserta JKN-KIS, Aulia pun dengan senang hati berbagi kisahnya. Aulia mengungkapkan bahwa sakit bisa datang kapan saja dan biaya pengobatan tidaklah murah. Ditambah lagi dengan kondisinya saat ini di mana hidup sendiri di perantauan, maka memiliki jaminan proteksi diri merupakan sebuah keharusan.

“Saya memilih Program JKN-KIS sebagai sarana perlindungan diri saya karena iurannya tidak terlalu mahal. Dibandingkan dengan asuransi kesehatan lainnya, Program JKN-KIS tergolong masih sangat terjangkau. Selain itu, manfaat Program JKN-KIS jauh lebih banyak dibandingkan dengan asuransi lainnya. Meskipun belum pernah merasakan sendiri manfaatnya, tapi saya sudah sering melihat bagaimana orang-orang di kampung saya terbantu berobat dengan Program JKN-KIS,” kata Aulia.

Meskipun mendaftar sebagai peserta JKN-KIS untuk mengantisipasi kondisi kesehatannya, namun Aulia justru tidak berharap untuk menggunakannya. Karena menurutnya, hal itu berarti bahwa ia dalam kondisi yang sehat. Aulia bahkan merasa senang jika iuran yang ia bayarkan nantinya digunakan membantu peserta JKN-KIS lainnya yang membutuhkan.

“Semoga saya sehat terus, jadi saya tidak perlu menggunakannya untuk berobat. Biarlah iuran yang saya bayarkan dipakai untuk membantu peserta lainnya. Saya sangat ikhalas akan hal itu,” ujar Aulia.

Sebagai orang yang paham tentang pentingnya Program JKN-KIS bagi masyarakat, Aulia berharap agar Program JKN-KIS dapat terus dikembangkan. Sehingga manfaatnya dapat terus dirasakan oleh masyarakat. Aulia bahkan mendaftar autodebet untuk pembayaran iuran JKN-KIS sebagai bentuk dukungannya agar Program JKN-KIS dapat berjalan dengan optimal. (DT/mr)


Redaksi Depokrayanews.com menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : evand212@yahoo.com via wa/SMS : 0878-8351-8091.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Ketua DPD PAN: Kini Saatnya Depok Berganti Rezim

Depokrayanews.com- Ketua DPD PAN Kota Depok, Igun Sumarno menilai sudah saatnya Kota Depok dipimpin rezim ...