Hindari Kemacetan Arus Balik, Menhub Minta Operasional Truk Ditunda

Sebarkan :

 
Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi.

Depokrayanews.com- Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta
operasional truk ditunda hingga stabilnya volume arus balik, Senin (3/7/2017),

Karena itu menhub meminta agar Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub berkoordinasi dengan asosiasi truk.

Namun jika penundaan itu tidak memungkinkan, Budi mengatakan telah berkoordinasi dengan aparat kepolisian untuk memberhentikan secara sementara truk yang beroprasi, sesuai dengan kondisi dan volume kendaraan.

“Kami telah berkoordinasi dengan pihak Kepolisian bahwa mereka berwenang untuk memberhentikan sementara truk-truk tersebut jika kondisi arus kendaraan sangat padat,” kata Budi Karya dalam keterangannya, Rabu (28/6/2017).

Budi memprediksi lalu lintas arus balik lebih lancar ketimbang arus mudik karena saat arus balik pengendara melewati jalanan yang berukuran lebih sempit ke jalan berukuran lebih lebar, namun kini sebaliknya. “Ibarat tutup botol, waktu arus mudik kemarin dimulai dari jalan yang lebih lebar (dari arah barat) menuju ke jalan yang lebih sempit (arah timur). Kalau arus balik ini sebaliknya, dari jalan yang sempit, kemudian ke jalan yang lebih lebar,” kata dia.

Sebelumnya, Budi mengaku telah berdiskusi dengan banyak pihak untuk melakukan manajemen pembagian waktu arus balik. “Kita tahu bahwa kecenderungan (masyarakat) semuanya ingin tanggal 1 dan 2 Juli. Tapi pada tanggal 1 dan 2 Juli semua akan menumpuk. Saat itu, truk juga sudah beroperasi penuh,” kata Budi.

Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Pudji Hartanto Iskandar mengatakan pihaknya sudah mencoba berdiskusi dengan Kadin agar pengoperasian truk dapat ditunda.

Hal ini merupakan strategi untuk mencegah kemacetan saat arus balik. Salah satu hal yang menjadi perhatian Kemenhub adalah truk yang kembali beroperasi pada hari ini, Kamis (29/6).

“Truk angkutan barang kembali beroperasi 29 Juni, jadi tanggal 30 sudah masuk tol. Kami sudah mencoba berdiskusi ke Kadin, asosiasi truk, dan Organda untuk bisa menunda beroperasinya truk angkutan barang,” kata Pudji. (mad)


Redaksi Depokrayanews.com menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : evand212@yahoo.com via wa/SMS : 0878-8351-8091.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Utang Luar Negeri Indonesia Capai Rp 5.535 Triliun

Depokrayanews.com- Bank Indonesia (BI) merilis catatan Utang Luar Negeri (ULN) Indonesia pada akhir kuartal IV ...