by

HMI Gelar Demo di depan DPR Hari Ini, Tolak Kenaikkan Harga Pertalite

DEPOKRAYANEWS.COM- Massa dari Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) akan menggelar demonstrasi menolak rencana kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis pertalite dan solar di depan Kompleks MPR/DPR, Jakarta pada pukul 10.00 wib, Senin 29 Agustus 2022 hari ini.

“Iya, kita besok [hari ini] berencana aksi di DPR,” kata Ketua Umum PB HMI Raihan Ariatama seperti dikutip dari CNNIndonesia.com, Senin 29 Agustus 2022.

PB HMI secara kelembagaan telah menginstruksikan jajaran Badko, pengurus cabang dan komisariat untuk menggelar aksi demo serupa secara serentak di seluruh Indonesia.

Instruksi ini telah diputuskan oleh PB HMI melalui rapat harian Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam pada Jumat 26 Agustus 2022 lalu. Surat instruksi itu bahkan sudah ditandatangani oleh Ketum PB HMI Raihan Ariatama dan Sekjen Ichya Alimudin.

“Untuk itu diinstruksikan untuk Aksi Serentak yang dilakukan secara damai dan tidak anarkis. Pada Senin, 29 Agustus 2022, pukul 10.00 WIB s/d Selesai,” tulis surat Instruksi PB HMI.

PB HMI secara tegas menolak rencana pemerintah menaikkan harga BBM bersubsidi. Sebab, kenaikan BBM diperkirakan akan mengorbankan kondisi ekonomi rakyat, terutama masyarakat kelas menengah ke bawah dan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

“Kelompok ini belum sepenuhnya pulih akibat terpaan pandemi Covid-19,” bunyi pernyataan sikap tersebut.

PB HMI juga meminta pemerintah untuk mencabut kebijakan kenaikan tarif dasar listrik. Di saat bersamaan, mereka mendesak pemerintah untuk memberantas mafia di sektor minyak, gas (migas) dan pertambangan.

Seperti diberitakan, pemerintah menyatakan tidak akan mencabut anggaran subsidi dan kompensasi BBM. Namun akan melakukan penyesuaian harga jual sebagai konsekuensinya. Ini karena hampir 90 persen solar subsidi dinikmati industri. Sementara 86 persen pertalite dinikmati kalangan mampu, 14 persen dinikmati industri. (mad)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *