by

Honda Yakin Mobil Konvensional Bisa Bertahan Hingga 2040

DEPOKRAYANEWS.COM– Chief Executive Honda Motor Co Toshihiro Mibe yakin mobil konvensional dapat bertahan hingga 2040 atau lebih di tengah serbuan mobil listrik di pasar global.

Mibe yang sudah berkecimpung dalam bisnis pengembangan mesin selama lebih dari 30 tahun menyatakan sangat suka dalam pengembangan mesin konvensional. “Tapi saya harus memisahkan perasaan saya sendiri dari apa yang terbaik untuk bisnis ini,” kata Mibe serbagai dikutip dari Reuters, Senin 6 Maret 2023.

Menurut Mibe, Honda sedang melakukan studi kelayakan pada segala hal mulai dari pengisi daya dan baterai canggih hingga kendaraan udara dan roket, serta bahan bakar elektronik rendah karbon baru yang dapat membantu menjaga mesin pembakaran tetap ada untuk satu atau dua dekade mendatang. Terutama untuk mobil berperforma, truk, dan kendaraan berat lainnya.

Langkah Honda untuk transisi ke mobil listrik di antaranya dengan mendirikan unit bisnis tersendiri guna mengawasi pengembangan bisnis EV dan baterai Honda. “Yang pada akhirnya dapat mencakup investasi di stasiun pengisian daya, mirip dengan jaringan Supercharger Tesla Inc,” kata Mibe di Marysville, Ohio, di pusat operasi perusahaan di AS.

Menurut Mibe saat Honda bergerak menuju netralitas karbon maka fokus mereka pada elektrifikasi dan sel bahan bakar, dua komponen inti mobilitas masa depan.

Honda dinilai lambat mengikuti pesaingnya seperti Volkswagen AG hingga General Motors Co, yang telah berkomitmen miliaran dolar AS untuk mengembangkan dan membangun kendaraan listrik dan baterai.

Honda saat ini berencana menanamkan modalnya setidaknya 40 miliar dolar AS hingga tahun 2030, dengan tujuan mendorong kendaraan hibrida dan sepenuhnya listrik menyumbang 40 persen dari penjualannya di 2030.

Investasi tersebut termasuk usaha patungan senilai 3,5 miliar dolar AS untuk membangun pabrik baterai dengan LG Energy Solution di dekat Jeffersonville, Ohio, untuk digunakan di pabrik kendaraan listrik Honda di Amerika Utara.

Sebelumnya, Honda pada 2024 akan meluncurkan dua SUV elektrik baru, Honda Prolog dan Acura ZDX, dari pabrik GM Spring Hills di Tennessee.

Mibe mengonfirmasi bahwa Honda sedang mengembangkan arsitektur EV-nya sendiri, yang pertama akan tiba di AS pada tahun 2026, serta baterai canggih dari desainnya sendiri untuk beberapa model masa depan tersebut. (ant/rol)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *