by

Hujan Badai Terjang Kota Depok, Ratusan Pohon Tumbang dan Papan Reklame Roboh

Depokrayanews.com- Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan (DPKP) Kota Depok melaporkan banyak peristiwa pohon dan papan reklame tumbang akibat hujan badai yang melanda Kota Depok pada Selasa 21 September 2021 sore. Suasana Kota Depok menjelang waktu magrib sangat mencekam. Kemacetan terjadi di mana-mana.

Pohon tumbang terjadi di sejumlah ruas jalan, seperti Jalan Margonda, Jalan Kartini, Jalan Nusantara, Jalan Tole Iskandar, Jalan Juanda dan sejumlah jalan lain.

”Peristiwa hujan dan angin kencang itu terjadi hanya dalam kurun sekitar 30-60 menit,” kata Kepala Bidang Penanggulangan Bencana DPKP Kota Depok, Denny Romulo kepada wartawan, Selasa 21 September 2021 petang.

Menurut Denny, pohon tumbang juga dilaporkan terjadi di Studio Alam hingga menutup akses jalan. Pohon tumbang juga terjadi di sekitar Halte Pemuda. Selain itu, pohon tumbang juga dilaporkan terjadi di dekat Kantor Kecamatan Sukmajaya, Jalan Sersan Anning, Jalan Dahlia, dan Jalan Siliwangi.

Sejumla sepeda motor tumbang dibawa angin badai yang melanda Depok.

Pohon tumbang juga terjadi di dekat Pesantren Darul Mukhlisin di Jalan Rapika, Rangkapan Jaya Baru, menimpa kabel listrik sehingga listrik padam.

Bahkan di Jalan Raya Sawangan, dekat Starbuck ada atap atau kanopi bangunan terbang sampai menutup jalan raya sehingga tidak bisa dilewati. Mobil kemudian disuruh putar balik, karena tidak bisa lewat. Sepeda motor bisa lewat di bawah atap yang tertengger di badan jalan.

Pohon tumbang juga terjadi di Simpang Tugu Jam menyebabkan tiga ruas jalan, yaitu Jalan Margonda Raya, Jalan Kartini, dan Jalam Siliwangi macet total sejak sore. Selain itu, sejumlah panel bangunan tinggi di kompleks pertokoan Saladdin terlepas dan jatuh. Dua unit mobil tertimpa panel bangunan ini.

Atap bangunan terbang ke tengah jalan akibat hujan badai melanda Depok.

Angin badai yang sangat kencang terjadi kawasan Tole Iskandar. Papan reklame bertuliskan Rumah Sakit Hermina sempat diterbangkan angin bercampur hujan sehingga jatuh berulang kali di kawasan itu. Padahal papan reklame itu ditopang tiang besi yang cukup kuat. Terdengar suara yang menyebut ”Allahu Akbar” berkali-kali dari warga sekitar.

Di Jalan Raya Kartini sejumlah sepeda motor tampak tumbang dibawa arus angin, dan aliran air hujan yang sangat deras. Sedangkan di Depok Mall, papan pembatas pintu keluar parkir tumbang diterjang angin sehingga menghantam mobil yang hendak keluar. Suansa di sejumlah kawasan Kota Depok sangat mencekam karena angin badai yang sangat kuat.

”Saya tidak berani melihat keluar, karena suara dahan kayu yang begitu kuat diterjang angin,” kata Lina, seorang tamu di Depok Mall. (ril/ris)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed