by

Hujan Es di Tangsel, Begini Penjelasan BMKG

DEPOKRAYANEWS.COM- Hujan deras disertai angin kencang melanda wilayah Tangerang Selatan dan sekitarnya pada Senin 14 Maret 2022 pukul 15:45 WIB. Sejumlah warga memberi kesaksian melihat butiran es sebesar kerikil turun bersama hujan.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengatakan kondisi itu disebabkan periode peralihan dari musim hujan ke musim kemarau.

“Tipikal cuaca di periode peralihan seperti ini adalah hujan lebat dengan durasi singkat, 1-3 jam, dan disertai angin kencang, puting beliung bahkan kadang hujan es,” kata Kepala Bidang Informasi Meteorologi Publik BMKG Fachri Radjab seperti dikutip dari Kompas.com.

Sedangkan mengenai hujan es, Fachri mengatakan hal itu terjad karena adanya faktor dinamika atmosfer. “Adanya suplai uap air yang cukup banyak dan adanya daerah pertemuan/pelambatan angin yang dapat menyebabkan tumbuhnya awan-awan cumulonimbus yang dapat menyebabkan terjadinya hujan es,” kata dia.

Menurut Fachri mengatakan, cuaca ekstrem diatas masih mungkin terus terjadi di daerah Jabodetabek selama periode peralihan musim hujan ke musim kemarau. BMKG memprediksi cuaca ekstrem baru akan berakhir pada awal musim kemarau atau sekitar awal bulan Mei. (ris)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *