by

HUT Ke-76 TNI, 18 Pesawat Tempur Beratraksi di Langit Istana

Depokrayanews.com- Peringatan Hari Ulang Tahun ke-76 Tentara Nasional Indonesia (TNI) digelar di sekitar Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa 5 Oktober 2021, hari ini sejak pukul 07.35 WIB.

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin hadir dalam acara yang dilaksanakan di halaman istana itu. Upacara akan diwarnai oleh pemberian tanda kehormatan dan demonstrasi udara.

Rencananya, 18 pesawat tempur dan 8 helikopter akan terbang di langit sekitar Istana saat HUT ke-76 TNI. Armada-armada itu akan membentangkan Merah Putih dan logo TNI raksasa.

Selain itu, TNI akan menggelar pameran alat utama sistem senjata (alutsista). Senjata dan kendaraan taktis milik TNI diparkir di sepanjang Jalan Medan Merdeka Barat dan Jalan Medan Merdeka Utara.

“Ada lebih dari 100 unit alutsista milik TNI yang dipamerkan, tentunya memberikan kebanggaan kepada kita, seluruh masyarakat. Dan dari alutsista tersebut, sebagian besar jarang diketahui masyarakat,” kata Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono dalam keterangan tertulis, Senin 4 Oktober 2021.

Heru menyampaikan beberapa alutsista yang dipamerkan adalah Sherpa Light Scout, 35 unit kendaraan taktis Anoa, 8 unit Indonesia Light Strike Vehicle (ILSV) Armoured Personel Carrier, dan 2 unit Rantis Bushmaster.

Pameran alutsista telah dimulai Minggu 3 Oktober dan akan berakhir Rabu 6 Oktober 2021. Heru menyadari peringatan HUT ke-76 TNI akan sedikit mengganggu kelancaran lalu lintas di sekitar Istana.

“Bagi masyarakat kami memohon pengertiannya dan memohon maaf jika melewati kawasan Istana karena akan terhambat perjalanannya,” tutur Heru.

Sebagai informasi peringatan HUT TNI kali ini adalah menjadi yang terakhir dilakoni Marsekal Hadi Tjahjanto sebagai panglima. Pasalnya, perwira tinggi TNI AU itu akan memasuki masa pensiun pada November 2021. Dan, DPR mengharapkan Jokowi segera mengirim surat presiden soal calon pengganti panglima pada pekan ini–atau sebelum reses mulai pekan kedua Oktober.

Setidaknya ada dua nama yang sejauh ini digaungkan kuat sebagai pengganti Hadi di pucuk komando TNI yakni KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa dan KSAL Laksamana Yudo Margono. Sebetulnya masih ada pula KSAU Marsekal Fadjar Prasetyo, namun peluangnya lebih tipis karena berasal dari matra yang sama dengan Hadi. (mad)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *