by

Hyundai Suntik Mati Ioniq Electric, Tidak Lagi Dipasarkan di Indonesia

DEPOKRAYANEWS.COM- Hyundai Motors Indonesia memastikan tidak lagi memasarkan Hyundai Ioniq Electric sedan di Indonesia. Sebagai penggantinya, Hyundai akan memasarkan Ioniq 5.

“Ioniq memang sudah discontinue. Yang masih dijual adalah Kona EV CBU dan Ioniq 5,” kata Makmur, selaku Chief Operating Officer PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) seperti dilansir detik, Rabu 7 Desember 2022.

Ioniq Electric sudah mengaspal di Pasar Global sejak 2016. Namun, di Indonesia Hyundai baru menjual produk ini secara resmi pada November 2020.

Penghentian penjualan Hyundai Ioniq di Indonesia ini sejalan dengan keputusan prinsipal yang menghentikan produksi Ioniq Electric di Pabrik Ulsan, Korea Selatan per Juli 2022.

“Penghentian Ioniq di seluruh dunia merupakan keputusan yang telah lama direncanakan oleh Hyundai untuk memenuhi permintaan konsumen yang terus berubah di sektor otomotif,” demikian pernyataan resmi Hyundai.

“Namun, Ioniq akan tetap menjadi pelopor sejati yang mengguncang industri dan menetapkan jalan menuju kisah sukses yang telah menjadi jajaran Ioniq EV saat ini,” lanjut pernyataan tersebut.

Saat pertama kali diluncurkan, Hyundai membanderol harga Ioniq Electric dengan harga Rp 624,8 juta untuk varian Prime. Sementara, untuk varian Signature dijual lebih mahal, yakni Rp 664,8 juta.

Mobil ini dilengkapi motor listrik 100 kW dan punya fitur yang membuat perlambatan, pengereman, dan gas dapat dilakukan dengan satu pedal. Menurut Hyundai, Ioniq Electric bertenaga 118 hp dan torsi puncak 295 Nm.

Pengecasan menggunakan perangkat ini butuh waktu 15-17 jam menggunakan sumber listrik rumahan. Hyundai Ioniq Electric dilengkapi baterai berkapasitas 38,3 kWh yang jika terisi penuh bisa membuat mobil menempuh jarak sampai 373 km. Efisiensi konsumsi mobil ini disebut 0,138 kWh per km.

Ioniq Electric adalah sedan jenis liftback yang bermuatan lima penumpang. Ukuran panjangnya 4.470 mm, lebar 1.820 mm, tinggi 1.475 mm, dan ground clearance 150 mm.

Ioniq Electric juga mempunyai sejumlah fitur yang mendukung keselamatan selama mengemudi seperti tujuh airbag, ABS, hill start assist, Blind-Spot Collission Warning (BCW) hingga informasi soal tekanan pada keempat ban.Terdapat juga layar sentuh delapan inci sebagai pusat hiburan dan sunroof. (mad/detik)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *