by

IDI: PPKM Level 4 Perlu Diperpanjang Bila Kasus Covid-19 tak Turun

Depokrayanews.com- Ketua Satgas Covid-19 Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) Zubairi Djoerban menilai PPKM Level 4 perlu terus diperpanjang apabila kasus harian covid-19 tidak kunjung turun. Zubairi menyebut laju penularan kasus covid-19 dalam sepekan terakhir relatif masih tinggi.

“PPKM perlu diperpanjang, untuk berapa lama kita bisa monitoring dan evaluasi harian. Karena kemudian turun melandai ya mungkin kita sudah bisa selesai dengan PPKM Darurat ini, namun sebaliknya kalau masih belum ya saya sarankan diperpanjang lagi,” kata Zubairi dalam diskusi daring, Rabu 21 Juli 2021.

Zubairi menjelaskan, kasus konfirmasi positif dan kematian akibat covid-19 di Indonesia masih cukup tinggi, bahkan sempat menduduki peringkat teratas di dunia dalam beberapa waktu lalu.

“Sepekan terakhir masih di puncak dunia, sehingga RS masih penuh, yang meninggal saat isoman masih banyak, dokter yang meninggal dalam dua minggu di Juli lebih dari 100 orang. Jadi memang belum bisa kita melonggarkan saat ini,” kata dia.

Zubairi juga melihat dalam 18 hari pelaksanaan PPKM Darurat Jawa-Bali dan 9 hari PPKM Darurat luar Jawa-Bali berjalan cukup kondusif, meskipun jumlah penurunan kasus belum terlihat pasti.

Namun demikian, Zubairi melihat bahwa kedisiplinan warga mulai meningkat seiring dengan razia yang dilakukan petugas TNI/Polri. Dia menilai tak sepatutnya sanksi yang berujung ricuh atau kekerasan terjadi saat petugas melakukan razia terhadap pedagang kaki lima. (mad)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *