Ikan Cupang Alam Berhasil Dikembangkan di Depok

Sebarkan :

 

Walikota Depok menerima contoh ikan Cupang Alam yang berhasil dikembangkan di Kota Depok.

DepokRayanews.com- Balai Benih Ikan (BBI) Kota Depok bekerjasama dengan Balai Riset Budidaya Ikan Hias (BRBIH) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) berhasil mengembangbiakkan ikan hias jenis Cupang Alam (Betta Channoides). Habitat asli iklan Cupang Alam ini adalah Kalimantan.

Walikota Depok, Mohammad Idris mengapresiasi keberhasilan mengembangbiakan ikan Cupang Alam itu. Menurut Idris, bila ikan Cupang Alam ini berhasil dikembangkan akan menjadi unggulan di Indonesia, dan bisa diekspor ke sejumlah negara.

“Untuk mewujudkan itu, kamis menekankan perlu adanya keterpaduan dan kolaborasi dengan seluruh pemangku kepentingan, bukan saja KTNA namun semua harus dilibatkan agar muncul semangat membudidayakan ikan hias,” kata Idris didampingi Kepala DKPP, Diah Sadiah dan Kepala UPTD BBI, Nur Hidayat, Selasa (10/12/2019).

Idris meminta Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKPPP) dapat bekerjasama dengan Disporyata, Bagian Ekonomi dan instansi lainnya untuk mengembangkan serta memasarkan produk ikan hias.

Potensi ikan hias di Kota Depok cukup tinggi. Dari 11 kecamatan, 10 diantaranya produsen ikan hias. Kecamatan Bojongsari merupakan sentra ikan hias terbesar di Depok. Dari 35 kelompok pembudidaya ikan hias di Depok, 12 diantaranya ada di Kecamatan Bojongsari. Mereka mengembangkan ikan hias jenis Neon Tetra, Cardinal dan Red Nose. (ril)


Redaksi Depokrayanews.com menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : evand212@yahoo.com via wa/SMS : 0878-8351-8091.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Enam Pelaku Begal Sadis yang Viral di Medsos Ditangkap Polisi

DepokRayanews.com- Enam orang pelaku begal sadis terhadap M.Firza di Jalan Radar Auri, Kecamatan Cimanggis, Kota ...