by

Indomobil dan Inchape Akuisisi 100 Persen Kepemilikan Mercedes-Benz di Indonesia

DEPOKRAYANEWS.COM- PT Indomobil Sukses Internasional (Indomobil Grup) bersama Inchape Motors Private Limited, distributor otomotif global resmi mengakuisisi 100 persen kepemilikan Mercedes-Benz di Indonesia.

Keduanya membentuk joint venture untuk menjalankan kegiatan perakitan dan distribusi mobil Mercedes-Benz di Indonesia.

Sebelumnya, distribusi dan perakitan mobil premium asal Jerman itu dilakukan dua perusahaan, yakni PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDI) untuk urusan distribusi dan PT Mercedes-Benz Indonesia (MBIna) untuk masalah perakitan di Wanaherang, Bogor, Jawa Barat.

Matthias L├╝hrs, Head of Region Overseas Mercedes-Benz Cars mengatakan penunjukkan Indomobil dan Inchape bertujuan memperkuat posisi Mercedes-Benz dan mengembangkan bisnis mereka di dalam negeri.

“Kami melakukan restrukturasi pada bisnis kami, dengan tujuan menguatkan posisi kami di pasar Indonesia, serta untuk senantiasa berkembang dengan menggandeng rekanan berskala internasional yang kuat serta rekanan lokal berpengalaman bersama Inchape dan Indomobil,” kata Matthias dalam keterangan tertulisnya, Jumat 31 Maret 2023.

Isu akuisisi Mercedes-Benz di Indonesia oleh Indomobil itu pertama kali berhembus Oktober 2022. Saat itu, salah satu petinggi Indomobil yang enggan disebutkan namanya mengatakan Mercedes-Benz tengah mencari rekanan untuk melanjutkan bisnis di Indonesia.

Indomobil dan Inchape bekerja sama dalam mengakuisisi Mercedes-Benz. Rinciannya, Inchape mengambil alih 70 persen dan Indomobil 30 persen.

Transaksi ini akan mengembangkan kerja sama antara Inchape dan Indomobil secara berkelanjutan membangun kehadirannya di Indonesia.

Kerja sama keduanya bukan hanya kali ini. Sebelum mengambil alih Mercedes-Benz, Indomobil dan Inchape sudah bekerja sama pada pemasaran Jaguar Land Rover di Indonesia.

Kariyanto Hadjosoemarto, Head of Marketing Communications and Public Relations MBDI mengatakan induk perusahaan baru mereka sedang menyiapkan nama baru pengganti MBDI dan MBIna.

“Nama PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia dan PT Mercedes-Benz Indonesia ke depannya akan digantikan dengan nama perusahaan baru yang saat ini sedang dalam proses penyiapan oleh Inchcape dan Indomobil,” kata Kariyanto melalui pesan singkat, Jumat 31 Maret 2023.

Ia menegaskan yang berubah dari akuisisi tersebut hanya nama perusahaan, sedangkan struktur organisasi hingga karyawan tetap sama.

Akuisisi oleh Indomobil dan Inchape dipastikan tidak akan mengganggu proses produksi Mercedes-Benz di pabrik yang berlokasi di Wanaherang, Bogor, Jawa Barat.

“Proses produksi pada pabrik yang berlokasi di Wanaherang, Bogor akan terus berjalan tanpa gangguan,” demikian bunyi keterangan resmi Mercedes-Benz.

Menurut Kariyanto, perusahaan juga tidak akan mengubah strategi dalam hal produksi atau memindahkan perakitan mobil-mobil Mercedes-Benz dari pabrik lama di Wanaherang, Bogor ke pabrik milik Indomobil. mad/cnn/ril)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *