Indonesia Gandeng Jepang Bangun Jalur Kereta Api Jakarta – Surabaya

Sebarkan :

 
Presiden Jokowi dan PM Jepang

Presiden Jokowi bersama Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe di Istana Bogor.

Depokrayanews.com- Presiden Joko Widodo dan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe membahas rencana kerja sama pembangunan jalur kereta api Jakarta-Surabaya.

Pembahasan itu dilakukan dalam pertemuan bilateral yang dilakukan kedua kepala negara di Istana Bogor, Minggu (15/1/2017).

“Kita sepakat untuk meningkatkan kerja sama di bidang ekonomi, termasuk diskusi awal mengenai pembangunan jalur kereta api Jakarta-Surabaya,” kata Presiden Jokowi, saat memberikan konferensi pers di beranda Istana Bogor.

Kerja sama bidang ekonomi lainnya yang berhasil disepakati kedua negara adalah pembangunan Pelabuhan Patimban di Subang serta pengembangan Blok Masela. Khusus pembangunan Pelabuhan Patimban, Perdana Menteri Shinzo Abe menegaskan keinginannya agar pelabuhan tersebut nantinya dikelola oleh perusahaan patungan Jepang-Indonesia.

Abe mengatakan Jepang berkomitmen untuk meningkatkan kerja sama di bidang kemaritiman dengan Indonesia mengingat keduanya sama-sama negara maritim.

Menurut Abe, Jepang dan Indonesia akan meningkatkan kerja sama di bidang keamanan laut serta membantu pengembangan sentra perikanan di pulau-pulau terdepan Indonesia melalui ​Forum Maritim Indonesia-Jepang​ yang telah dibentuk pada Desember lalu.

Bagi Indonesia, Jepang merupakan salah satu mitra paling strategis. Pemerintah mencatat, pada Januari hingga September 2016, Jepang telah menanam investasi sebesar 4,498 miliar dolar AS. Angka tersebut meningkat hampir dua kali lipat dibandingkan pada periode yang sama di 2015. (mad/ant)


Redaksi Depokrayanews.com menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : evand212@yahoo.com via wa/SMS : 0878-8351-8091.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Pemerintah dan DPR Sepakat Pilkada Serentak Tetap Digelar 9 Desember

Depokrayanews.com- Pemerintah, DPR dan penyelenggara pemilihan umum sepakat Pilkada serentak 2020 tetap akan digelar pada ...