by

Inggris Berduka, Ratu Elizabeth II Meninggal Dunia

DEPOKRAYANEWS.COM- Ratu Elizabeth II meninggal dunia di usia 96 tahun pada Kamis 8 September 2022 pukul 16.30 waktu setempat di Istana Balmoral, Skotlandia setelah kesehatanya menurun sejak tahun lalu.

Kabar duka itu diberitakan tak lama setelah Istana Buckingham juga menerbitkan keterangan mengenai kondisi kesehatan Ratu yang mengkhawatirkan pada Kamis 8 September 2022 siang waktu Inggris.

Tak lama setelah pengumuman itu, para anggota keluarga kerajaan bertolak ke Istana Balmoral Skotlandia. Hingga Istana Buckingham pada Kamis (8/9) sore mengumumkan Ratu Elizabeth II meninggal dunia.

Kondisi tersebut membuat Pangeran Charles menjadi Raja Inggris. Charles kemudian memberikan keterangan resmi untuk pertama kalinya sejak jadi Raja mengenai ibunya, Ratu Elizabeth II yang meninggal dunia.

Raja Charles III mengatakan hal itu jadi kesedihan amat mendalam baginya dan seluruh keluarga.

“Meninggalnya Ibunda tercinta, Yang Mulia Ratu, merupakan momen kesedihan terbesar bagi saya dan seluruh anggota keluarga saya,” kata Raja Charles III.

Sekretaris Kabinet Simon Case kemudian menyampaikan kabar itu kepada Perdana Menteri baru Inggris Liz Truss. Liz Truss kemudian memberikan pernyataan resmi atas kabar duka Ratu Elizabeth II meninggal dunia di Downing Street.

Ia mengatakan Ratu Elizabeth II meninggalkan “warisan besar”. “Hari ini takhta diserahkan, seperti yang telah terjadi selama lebih dari seribu tahun, kepada raja baru kita, kepala negara kita yang baru, Yang Mulia Raja Charles III,” kata Liz Truss.

Dia menyampaikan duka bersama keluarga Raja Charles III atas kepergian Ratu Elizabeth II. Tak hanya itu, ia juga menyatakan kesetiaan dan pengabdian yang sama kepada Raja baru Inggris itu, sama seperti kepada Ratu Elizabeth II.

“Kami menawarkan kepada raja kesetiaan dan pengabdian kami, sama seperti ibunya selama ini,” kata Liz Truss. “God save the King,” kata Truss di akhir pernyataannya. (AFP/red)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed