by

Inggris Siapkan Dana Rp 17,87 Triliun untuk Proyek MRT Balaraja-Cikarang

DEPOKRAYANEWS.COM- Pemerintah Inggris melalui Expression of Interest (EoI) berkomitmen menggelontorkan investasi US$ 1,2 miliar atau setara Rp17,87 triliun (Kurs Rp14.899 per dolar AS) untuk Lintasan Fase 3 MRT Jakarta yang membentang dari koridor East-West sepanjang 84,1 km.

Lintasan Fase 3 MRT Jakarta nantinya membentang dari Cikarang, Jawa Barat hingga Balaraja, Banten. Lintasan tersebut juga akan melewati DKI Jakarta.

Lintasan Fase 3 MRT Jakarta nantinya membentang dari Cikarang, Jawa Barat hingga Balaraja, Banten. Lintasan tersebut juga akan melewati DKI Jakarta.

Komitmen itu disampaikan Menteri Ekspor Inggris Andrew Bowie.

“Saya senang Inggris-Indonesia sedang mengeksplor peluang kerja sama dalam pengembangan MRT Jakarta,” kata Andrew Bowie, usai mengadakan pertemuan pada Jumat 3 Februari 2023.

Pertemuan dihadiri para ahli infrastruktur dan keuangan terdepan dari Inggris untuk berkolaborasi dalam mendukung rencana pengembangan transportasi Indonesia.

“Saya senantiasa menantikan perkembangan hubungan kedua negara di bidang tersebut,” tambah Bowie.

Sementara itu Asisten Perekonomian dan Keuangan Provinsi DKI Jakarta Sri Haryati menyampaikan terima kasih dan menyambut baik dukungan yang diberikan oleh Inggris.

Menurut dia, pemerintah akan bekerja sama dengan MRT Jakarta untuk mewujudkan proyek ini, khususnya untuk mencapai bagian integrasi antara 3 provinsi yang berbeda.

Sri Haryati juga menyebutkan bahwa pembangunan Lintasan Fase 3 MRT Jakarta ini merupakan salah satu yang menantang karena melewati 3 provinsi.

“Kami sangat berterima kasih atas perhatian yang telah kami terima sejak tahun lalu dari Inggris, minat Inggris untuk terlibat dalam proyek ini telah memberi kami harapan,” kata Sri. (ant/mad)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *