by

Ini 6 Stadion yang Dipakai untuk Piala Dunia U-20

Stadion Kapten I Wayan Dipta Bali

DepokRayanews.com- Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI resmi mengumumkan keputusan FIFA terkait stadion yang akan dipakai untuk Piala Dunia U-20 2021. Sebanyak enam stadion di pulau Jawa dan Bali akan menjadi arena kejuaraan sepakbola muda terbesar sejagad itu.

Keenam stadion itu adalah Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta), Stadion Pakansari (Bogor), Stadion Manahan (Solo), Stadion Mandala Krita (Yogyakarta), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya), dan Stadion Kapten I Wayan Dipta (Bali).

Penyelenggara pun dinyatakan wajib menyiapkan setidaknya lima lapangan latihan yang memadai di sekitar stadion. Kemudian FIFA menetapkan syarat minimal 10 ribu penonton di setiap pertandingan mulai dari babak penyisihan.

“Stadion besar seperti GBK harus diatur agar tidak terlihat sepi jika penonton hanya mencapai 10 ribu,” kata Sekretaris Kemenpora, Gatot S Dewa Broto dalam keterangan tertulis yang diterima depokrayanews.com, Sabtu 25 Januari 2020.

Di bulan Januari 2021, FIFA pun akan melaksanakan drawing peserta. Pulau Bali direncanakan menjadi titik undian tim. FIFA juga sudah menentukan tanggal pelaksanaan turnamen, yakni mulai 24 Mei-12 Juni 2021.

Ajang sepakbola muda sejagad itu akan digelar hampir dua pekan setelah Hari Raya Idul Fitri 1442 H (14 Mei). Gatot mengatakan, panitia sempat ingin mengundur Piala Dunia U-20 lebih jauh lagi.

“Sebelumnya penyelenggara ingin mengundur jadwal pelaksaan hingga ke bulan Juli, namun ditolak FIFA karena ada perhelatan FIFA Club World Cup di Cina dan kompetisi sepakbola Eropa yang mulai bergulir. Panitia harus bersiap-siap mengadakan hitung mundur sebagai sosialiasi, satu tahun sebelum pelaksanaan,” kata dia. (red)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *