by

Ini 6 Tips Nikmati Seks di Usia Tua

Depokrayanews.com- Seiring bertambahnya usia, seks tidak sama seperti di usia 20-an. Tapi sebenarnya, meski makin tua seks masih bisa terasa nikmat.

Faktanya, seks bukan hanya untuk mereka yang masih muda. Banyak orang yang sudah tua masih menikmati seks hingga usia 80-an dan seterusnya.

Dikutip dari laman Mayo Clinic, kehidupan seks yang sehat tidak hanya ditandai dengan rasa puas. Tapi, ada banyak aspek lain yang menandai bahwa kehidupan seks itu sehat.

Kehidupan seks banyak dipengaruhi oleh kesehatan. Jika ada masalah kesehatan, kemungkinan besar hal ini juga akan mempengaruhi kehidupan seks.

Beberapa penyakit yang bisa mempengaruhi kehidupan seks ialah jantung dan radang sendi.

Selain itu, operasi tertentu dan banyak konsumsi obat, seperti obat tekanan darah, antihistamin, antidepresan, dan obat penghambat asam dapat memengaruhi fungsi seksual.

Kendati begitu, coba bicarakan kekhawatiran Kamu dan pasangan terkait berhubungan seks setelah punya riwayat penyakit kronis.

Sebenarnya, di usia berapapun masalah emosi tetap dapat mempengaruhi kehidupan seks. Malah, banyak pasangan dengan usia tua merasa lebih puas untuk seks di usianya.

Lantaran, mereka mengaku lebih sedikit gangguan, banyak waktu, privasi, dan tidak khawatir hamil.

Di sisi lain, beberapa orang dewasa yang lebih tua merasa tertekan oleh masalah kesehatan, masalah keuangan, dan perubahan gaya hidup lainnya.

Depresi dapat menurunkan keinginan dan minat Kamu dan pasangan pada seks. Jika merasa mengalami depresi, bicarakan dengan dokter atau konselor secepatnya.

Berikut tips nikmati seks di usia tua.

1. Bicaralah dengan pasangan.
Meskipun sulit untuk membicarakan seks, berbagi kebutuhan, keinginan, dan kekhawatiran secara terbuka dapat membantu kalian berdua untuk lebih menikmati seks dan keintiman.

2. Kunjungi dokter.
Dokter dapat membantu kalian berdua untuk menghadapi kondisi kronis dan obat-obatan yang memengaruhi kehidupan seks. Jika kalian kesulitan mempertahankan ereksi, tanyakan kepada dokter tentang cara perawatannya.

3. Temui terapis seks.
Seorang terapis pasti dapat membantu Kamu dan pasangan untuk menyelesaikan masalah seks. Sebelumnya, mintalah rujukan dari dokter.

4. Perluas pandangan Kamu tentang seks.
Hubungan intim hanyalah salah satu cara untuk memiliki kehidupan seks yang memuaskan. Menyentuh, mencium, dan kontak intim lainnya dapat bermanfaat bagi Kamu dan pasangan.

5. Menerapkan pola makan yang sehat.
Agar seks bisa lebih nikmat dan memuaskan sebaiknya, jangan merokok, olahraga teratur, dan tidak minum alkohol.

6. Gunakan pelumas.
Wanita yang sudah menopause ada kemungkinan mengalami vagina kering, sehingga seks akan membuat mereka kesakitan. Jadi, cobalah untuk menggunakan pelumas agar seks makin nikmat dan memuaskan.

Sumber:sonora.id

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed