by

Ini Jadwal Pelaksanaan Vaksin Covid-19 di Indonesia

Depokrayanews.com- Pada tahap awal, Kota Depok kebagian 11.140 vial vaksin covid-19 yang diperuntukan bagi tenaga kesehatan (nakes). Dari 11.140 vial itu, sudah digunakan 10 vial untuk para pejabat di Kota Depok, pada Kamis 14 Januari 2021.

Sisanya sebanyak 11.130 vial akan didistribusikan ke fasilitas kesehatan (faskes) dan rumah sakit yang telah ditunjuk yakni 22 rumah sakit dan 38 faskes di Depok. Sebanyak 252 vaksinator terlatih sudah disiapkan sesuai kebutuhan.

Keterangan yang diperoleh menyebutkan, vaksinasi Covid-19 di Indonesia dilaksanakan dalam 4 tahap, disesuaikan dengan ketersediaan, waktu kedatangan dan profil keamanan vaksin. Kelompok prioritas penerima vaksin adalah penduduk yang berdomisili di Indonesia yang berusia ≥ 18 tahun.

Kelompok penduduk berusia di bawah 18 tahun dapat diberikan vaksinasi apabila telah tersedia data keamanan vaksin yang memadai dan persetujuan penggunaan pada masa darurat (emergency use authorization) atau penerbitan nomor izin edar (NIE) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Tahapan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 dilaksanakan sebagai berikut:

1. Tahap 1 (Januari-April 2021)
Tenaga kesehatan, asisten tenaga kesehatan, tenaga penunjang serta mahasiswa yang sedang menjalani pendidikan profesi kedokteran yang bekerja pada fasilitas pelayanan kesehatan.

2. Tahap 2 ( Januari-April 2021)
a. Petugas pelayanan publik (TNI, Polri, aparat hukum, dan petugas pelayanan publik lainnya yang meliputi petugas di bandara/pelabuhan/stasiun/terminal, perbankan, perusahaan listrik negara, dan perusahaan daerah air minum, serta petugas lain yang terlibat secara langsung memberikan pelayanan kepada masyarakat.
b. Kelompok usia lanjut (≥ 60 tahun).

3. Tahap 3 (April 2021-Maret 2022)
Masyarakat rentan dari aspek geospasial, sosial, dan ekonomi.

4. Tahap 4 (April 2021-Maret 2022)
Masyarakat dan pelaku perekonomian lainnya dengan pendekatan kluster sesuai dengan ketersediaan vaksin. (ril)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed