by

Ini Penjelasan Kepala BIN Soal Sosok Abu Rara

Kepala BIN Budi Gunawan

DepokRayanews.com- Kepala Badan Intelijen Negara Budi Gunawan mengatakan, Syahril Alamsyah alias Abu Rara penusuk Menkopolhukam Wiranto di Pandeglang, Banten, Kamis (10/10/2019), sudah beberapa kali masuk dalam pantauan.

Abu Rara diketahui merupakan anggota kelompok teroris Jamaah Ansharut Daulah. Budi mengatakan, Abu Rara terpantau mengumpulkan senjata tajam.

“Abu rara sudah kami pantau beberapa kali mulai mengumpulkan pisau. Belum pada tahapan bom, tapi pola-pola seperti itu bisa juga dengan pisau sebagai senjata,” kata Budi di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, Kamis sore.

Sebelumnya, Budi mengatakan Abu Rara merupakan kelompok JAD dari Kediri yang kemudian berpindah ke wilayah Bogor.

“Dari 2 pelaku ini, kami sudah bisa mengidentifikasi bahwa mereka dari kelompok JAD Bekasi. Kami tahu bahwa Abu Rara ini dulu ada dari sel JAD Kediri dan kami deteksi, ia pindah ke Bogor,” tuturnya.

Ia mengatakan, Abu Rara pindah dari Bogor ke daerah Pandeglang juga terdeteksi karena bercerai dari istri pertama.

“Karena cerai dengan istri pertama, ia pindah ke Menes Pandeglang karena cerai dengan istri pertama. Di menes ia menikah lagi. Dan memang sel-sel seperti ini cukup banyak, sehingga kami mengimbau agar masyarakat tidak ikut dan memantau mengawasi sel-sel seperti ini,” kata dia. (suara)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *