by

Ini Tanggapan Presiden Jokowi Soal Aksi Massa 22 Mei

Presiden Joko Widodo.

DepokRayanews.com- Sejumlah massa dikabarkan akan beraksi di depan Komisi Pemilihan Umum (KPU) saat pengumuman hasil Pemilu 2019. Lalu apa tanggapan Presiden Joko Widodo (Jokowi) terhadap rencana aksi itu ?.

Jokowi mengakan proses demokrasi sebelum dan sesudah pencoblosan pada 17 april 2019, sudah berjalan sesuai konstitusi. Ia berharap tak akan terjadi hal di luar aturan hukum tersebut.

“Jangan aneh-anehlah. Harusnya mekanisme konstitusional diikuti. Ini fondasi berdemokrasi, harus diikuti,” kata Jokowi usai buka bersama Partai Golkar di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (19/5/2019).

Menurutnya, proses pemilu bukan baru pertama. Ia heran karena seakan terjadi gerakan penolakan menjelang pengumuman hasil pemilu. “Tanggal 17 April rakyat sudah berkehendak. Dan setelah dihitung KPU dan ditetapkan, dan itu lah keputusan penyelenggara Pemilu, KPU,” katanya. “kalau yang namanya kalah, pasti tak puas. Tak ada kalah yang puas. Nggak ada.” kata Jokowi.

Ia berharap bila ada yang merasa dicurangi maka bisa menempuh jalur konstitusi yang merupakan kesepatan bentukan DPR. “Bila ada yang curang, laporkan ke Bawaslu. Kalau kalah sengketa besar ke MK. Ini mekanisme konstitusi menurut undang-undang yang telah disepakati bersama,” katanya. (mad)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *