by

Inilah 22 Kabupaten/Kota di Jawa Barat yang Sangat Rawan Longsor

Sebagian besar daerah di Jawa Barat sangat rawan longsor, apalagi pada musim hujan.
Sebagian besar daerah di Jawa Barat sangat rawan longsor, apalagi pada musim hujan.

Depokrayanews.com- Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) RI, meminta semua pemerintah daerah di Provinsi Jawa Barat mewaspadai terjadinya longsor selama musim hujan ini.

Kepala Badan Geologi Kementerian ESDM, Ego Syahrial, mengatakan hampir semua wilayah di Jawa Barat berpotensi mengalami bencana longsor.

“Hampir seluruh wilayah di Jawa Barat berpotensi mengalami pergerakan tanah. Jadi, selama musim hujan Jabar rawan longsor pemerintah daerah harus mewaspadai,” ujar Ego kepada wartawan, Senin (3//2017).

Menurut Ego, rata-rata jumlah korban bencana longsor setiap tahunnya sebanyak 200 orang. Paling banyak terjadi di Jabar. Berdasarkan data yang ada di Badan Geologi, sebanyak 22 kabupaten/kota di Jawa Barat memiliki kerawanan tinggi terjadinya longsor.

Daerah tersebut, kata dia, adalah Kota Bandung, Cimahi, Banjar, dan Depok, Kabupaten Bandung, Bandung Barat, Indramayu. Bekasi, Bogor, Ciamis, Cianjur, Cirebon, Garut, Karawang, Kuningan, Majalengka, Pangandaran, Purwakarta, Subang, Sukabumi, Sumedang, serta Tasikmalaya.

Provinsi Jawa Barat, kata dia, rawan longsor karena wilayahnya dikelilingi tanah vulkanik serta perbukitan.

Sehingga secara geologi, wilayah di Jawa Barat sangat rentan terjadi longsor. Daerah di Jabar yang paling rawan, adalah Jabar bagian selatan.

“Jabar Selatan, rawan longsor karena daerahnya perbukitan dan banyak alih fungsi lahan jadi Pemda harus siaga,” katanya.

Tanah yang rawan bencana tersebut, kata dia, diperparah juga dengan aktivitas masyarakat yang merusak lingkungan. Seperti, pembangunan kawasan wisata dan penambangan. Selain itu, masyarakat kurang memahami bahaya tanah rawan akibat alih fungsi.

Selain itu, kata Ego, lahan yang seharusnya menjadi hutan lindung sekarang banyak dijadikan pertanian, perkebunan, hingga pemukiman. Ada juga, anomali cuaca yang kerap menghadirkan hujan dengan intensitas tinggi dan terus menerus memicu pergerakan tanah.

“Hal itu ditambah lagi dengan sistem drainasenya yang kurang bagus,” katanya. Ego berharap, pemerintah daerah (Pemda) setempat bisa lebih mengantisipasi sejak dini. Karena, bencana akibat kerusakan lingkungan telah beberapa kali terjadi di Jawa Barat.

“Pemda, bersama masyarakat harus turun aktif menanam tanaman keras,” katanya. (red/rol)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *