by

Inilah 5 Gedung Tertinggi di Indonesia, Tidak ada Lagi Wisma 46

DEPOKRAYANEWS.COM- Gedung-gedung tinggi pencakar langit semakin menjamur di Jakarta. Disainnya pun semakin menarik dan unik.

Berdasarkan website Skyscraper Center, Indonesia berada di urutan 6 negara dengan jumlah gedung pencakar langit terbanyak di dunia.

Ini membuktikan kepada dunia bahwa Indonesia masih menjadi salah satu tujuan yang menggiurkan untuk berinvestasi properti di kala pandemi Covid-19 masih merebak.

Sedangkan untuk negara dengan jumlah gedung pencakar langit dengan tinggi lebih dari 200 meter terbanyak di dunia sendiri dipegang oleh China di urutan pertama, Amerika Serikat di urutan kedua dan Uni Emirat Arab di urutan ketiga.

Beberapa tahun lalu, banyak orang menyebut Wisma 46 setinggi 262 meter (860 kaki) yang terletak di kompleks Kota BNI seluas 15 hektar di Jakarta Pusat adalah gedung tertinggi di Indonesia.

Wisma 46 itu terdiri dari 46 lantai, sesuai nama pemilik gedung itu yakni Bank BNI 46. Tapi kini status itu tidak lagi melekat di Wisma 46.

Lalu apa gedung tertinggi di Indonesia saat ini? Banyak yang tidak menduga.

Berikut daftar 5 gedung tertinggi di Indonesia, seperti dirangkum berbagai sumber.

1. Autograph Tower (Ketinggian 382,9 meter)
Gedung Autograph Tower saat ini merupakan gedung tertinggi di Indonesia dengan ketinggian mencapai 382,9 meter. Lokasi gedung ini berada di Kompleks Thamrin Nine, di Jalan M. H. Thamrin, Jakarta Pusat.

Autograph Tower terdiri dari 75 lantai dan dilengkapi berbagai fasilitas termasuk perkantoran, perhotelan, hiburan, hingga fasilitas olahraga.

Pemilik gedung ini adalah PT Putra Gaya Wahana (PGW) yang sudah eksis sejak 8 April 1993. Mengutip situs rukamen, fokus bisnis PGW sebelumnya ada di dunia tekstil

Alvin Gozali selaku pemilik Autograph Tower bakal mengembangkan bisnis propertinya ke berbagai daerah lain. Saat ini, PGW sedang melangsungkan pengembangan properti di BSD, Cibinong, Bogor, Lebak Bulus, MT Haryono, dan Bali.

2. Gama Tower (285,5 meter)
Gama Tower menjadi sala satu gedung tertinggi di Indonesia dengan ketinggian mencapai 285,5 meter. Lokasi Gama Tower berada di Jalan H. R. Rasuna Said No.2, Karet Kuningan, Setiabudi, Kuningan, Jakarta Selatan.

Gedung ini memiliki 68 lantai dan difungsikan sebagai gedung perkantoran dan hotel. Hotel Westin mengambil tempat di gedung ini dengan menempati lantai teratas gedung.

Gama Tower adalah milik Ganda Sitorus dan Martua Sitorus. Keduanya pengusaha kaya itu memiliki julukan crazy rich Medan dan menguasai berbagai lini bisnis seperti pertambangan, properti, hingga kelapa sawit. Mengutip Forbes (per 9 April 2022), Martua memiliki kekayaan hingga USD2 miliar dan masuk dalam daftar orang terkaya di dunia dengan menempati posisi 1029.

3. Treasury Tower (279,5 meter)
Treasury Tower memiliki ketinggian mencapai 279,5 meter dan lokasinya berada di District 8 at SCBD, Jakarta. Dengan ketinggian itu, Treasury Tower merupakan gedung ketiga tertinggi di Indonesia.

Jumlah lantai di Treasury Tower mencapai 57. Di gedung ini ada perkantoran dan hotel di dalamnya. Pendiri gedung ini adalah Agung Sedayu Group yang menggandeng Wiratman and Associates sebagai perancang.

4. Jakarta MORI Tower (266 meter)
Gedung ini tergolong baru, karena baru selesai dibangun pada 2022. Tinggi Jakarta MORI Tower mencapai 266 meter dan dianggap sebagai gedung tertinggi keempat di Indonesia.

Di Jakarta MORI Tower terdapat kantor, restoran, dan kafe yang memanfaatkan luas 190 ribu meter persegi. Lokasi Jakarta MORI Tower terletak di pusat segitiga emas, bersebelahan dengan lintas Semanggi dan Flyover Semanggi Baru di Jalan Sudirman. Harga sewa sebesar Rp 490.000 per meter persegi per bulan.

Jakarta MORI Tower dibangun oleh Mori Building Co.Ltd selesai dibangun tahun 2020 lalu.

5. Trinity Tower (263 meter)
Trinity Tower menjadi gedung tertinggi kelima di Indonesia dengan ketinggian mencapai 263 meter. Lokasi gedung ini berada di persimpangan Jalan. H.R. Rasuna Said dan Jalan. Prof. Dr. Satrio di Jakarta Selatan.

Terdapat 50 lantai di dalam gedung Trinity Tower. Gedung ini dikembangkan oleh PT Windas Development Tbk, yang dibangun pada 2021.

Rampungnya pembangunan gedung ini ditandai dengan acara handover (serah terima) Trinity Tower yang dilakukan oleh Shimizu Total Joint Operation selaku kontraktor utama kepada PT Windas Development sebagai pemilik Trinity Tower pada 31 Maret 2021 lalu.

Presiden Direktur PT Windas Development Tbk Anton Djatmiko menyebut Trinity Tower sebagai gedung berskala internasional, tahan gempa dengan desain modern dan menerapkan konsep green building (bangunan hijau). (mad)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *