Inilah 5 Rekomendasi Pansus DPRD Terhadap LKPJ Walikota Depok

Sebarkan :

 
Wakil Ketua DPRD Depok Supariyono  didampingi Ketua Pansus LKPJ menyerahkan rekomendasi kepada Walikota Depok.

Wakil Ketua DPRD Depok Supariyono didampingi Ketua Pansus LKPJ menyerahkan rekomendasi kepada Walikota Depok.

DepokRayanews.com- Panitia Khusus (Pansus) Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Walikota Depok Tahun 2017 menyampaikan lima rekomenadi untuk ditindaklanjuti.

Rekomendasi itu dibacakan Hamzah, Ketua Pansus saat Rapat Paripurna Istimewa DPRD Depok, Rabu (25/04/2018).

Inilah 5 rekomendasi yang disampaikan Pansus LKPJ:

Pertama, dokumen LKPJ Waliota diminta membahas dan menjelaskan secara khusus terkait capaian kinerja pembangunan ekonomi makro pada tahun berjalan.

Hal ini sangat penting sebagai dasar dalam melakukan analisis dan evaluasi terhadap indikator kesejahteraan masyarakat Kota Depok.

Kedua, terkait pengelolaan keuangan daerah, Pemerintah Kota Depok perlu memperbaiki tata kelola keuangan dan asset daerah, dengan mengoptimalkan teknologi melalui penerapan E-Government dalam sistem perencanaan keuangan, pengelolaan keuangan, dan pembayaran pajak seperti E-Planning, E-Budgeting dan E-Samsat.

Hal ini untuk memberikan jaminan tidak adanya kebocoran pendapatan yang diterima Pemkot Depok.

Ketiga, terkait kinerja Pemkot Depok Tahun 2017 yang digambarkan dalam indikator makro pembangunan, masih perlu mendapat perhatian khusus diantaranya angka kemiskinan dan inflasi.

Keempat, dalam penyelenggaraan urusan pemerintahan wajib terkait pelayanan dasar, ada beberapa catatan sebagai bahan evaluasi dan rekomendasi diantaranya meningkatkan serapan tenaga kerja lokal dalam berbagai program infrastruktur/pekerjaan umum.

Kelima, terkait dengan penyelenggaraan urusan pemerintahan wajib non pelayanan dasar juga ada beberapa catatan diantaranya meningkatkan pengawasan kepada perusahaan di Kota Depok dalam menjalankan kewajibannya memberikan jaminan sosial ketenagakerjaan bagi para pekerja

Lalu apa komentar Walikota Depok Mohammad Idris terhadap lima rekomendaai itu? Dengan mengutip peribahasa “Tak Ada Gading Yang Tak Retak”, Idris da
menyadari bahwa permasalahan yang ada di Kota Depok masih banyak yang harus diselesaikan. Dan pada saat yang sama, potensi di Kota Depok juga masih banyak yang belum tereksplorasi.

“Oleh karena itu, kerjasama yang sinergis antara eksekutif dan legislatif harus lebih ditingkatkan lagi sehingga kedua tantangan yaitu permasalahan dan potensi Kota Depok dapat digarap dengan lebih baik lagi,” kata Walikota.

Idris menyampaikan terima kasih atas kritik, saran dan masukan yang telah diberikan. Hal itu menjadi pertimbangan dalam meningkatkan penyelenggaraan pembangunan di Kota Depok. (ril)


Redaksi Depokrayanews.com menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : evand212@yahoo.com via wa/SMS : 0878-8351-8091.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Jelang Pilkada, ASN Depok Jangan Berpolitik Praktis

Depokrayanews.com- Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok mengingatkan aparatur sipil negara (ASN) untuk tidak ikut-ikutan berpolitik ...