by

Inilah Nomor Partai Politik Peserta Pemilu 2019

Inilah nomor 14 partai politik peserta Pemilu 2019.
Inilah nomor 14 partai politik peserta Pemilu 2019.

DepokRayanews.com- Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar pengundian nomor peserta partai politik peserta Pemilu 2019, Minggu (18/2/2018) malam.

Acara itu dihadiri hampir semua ketua umum partai politik, kecuali Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh dan Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Mereka tampak duduk melingkar di ruang rapat KPU di Jalan Imam Bonjol Jakarta Pusat.

Dalam pengambilan nomor urut tersebut, PDIP mendapatkan kesempatan pertama. Ketua Umum Megawati maju bersama Sekjen Hasto Kristiyanto untuk mengambil nomor urut.  

Yang paling terakhir mengambil nomor adalah Ketua Dewan Pembina Partai Berkarya Hutomo Mandala Putra.

Tapi oleh Ketua KPU, dua partai terakhir yang mengambil nomor yakni Partai PSI dan Partai Berkarya diminta membuka nomor secara bersamaan. Akhirnya Ketua Umum PSI Grace Natalie mendapat nomor 11 dan Hutomo Mandala Putra mendapat nomor 7.

Yang menarik PKS mendapat nomor 8, sama dengan nonor yang pernah didapat pada Pemilu 2009. Begitu juga PDI Perjuangan kembali ke nomor lama yakni no 3.

Dari 16 partai politik yang mendaftar ke KPU, 14 dinyatakan lolos mengikuti tahapan pemilu selanjutnya. Sementara 2 partai lainnya gagal karena tidak memenuhi syarat yakni PBB besutan Yusril Ihza Mahendra dan PKPI yang kini diketuai Hendropriyono.

inilah hasil lengkap pengundian nomor partai politik peserta Pemilu 2019:
1. PKB
2. Gerindra
3. PDI Perjuangan
4. Partai Golkar
5. Partai Nasdem
6. Partai Garuda
7. Partai Berkarya
8. PKS
9. Perindo
10.PPP
11.PSI
12.PAN
13.Hanura
14.Demokrat
(red)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *