by

Inilah Rangkaian Prosesi Lengkap Pernikahan Putri Presiden Jokowi

Presiden Jokowi hari ini akan menggelar akad nikah dan resepsi pernikahan putrinya di Solo.
Presiden Jokowi hari ini akan menggelar akad nikah dan resepsi pernikahan putrinya di Solo.

Depokrayanews.com- Acara pernikahan putri Presiden Joko Widodo Kahiyang Ayu dengan Muhammad Bobby Afif Nasution akan berlangsung hari ini, Rabu (8/11/2017).

Inilah rangkaian acara pernikahan mulai dari acara ijab kabul sampai resepsi pernihanan kedua mempelai;

Usai ijab kabul antara wali nikah mempelai wanita yakni Presiden Joko Widodo dengan mempelai pria, Bobby A Nasution, mempelai wanita akan memasuki ruangan akad. Pertemuan kedua pasangan tersebut dinamakan panggih.

“Bertemunya mempelai wanita dengan mempelai pria atau upacara panggih itu ditandai dengan pecah tigan,” kata pemangku adat prosesi perkawinan Kahiyang Bobby, Umijatsih.

Pada prosesi pecah tigan, nantinya mempelai pria akan memecahkan telur ayam dengan menggunakan kaki. Berpadunya merah dan putih telur merupakan perlambang keduanya resmi sebagai sumi istri.

Prosesi pecah tigan diteruskan dengan kedua mempelai membasuh kaki orang tua. Prosesi itu menjadi tanda berbakti dan setia.

Prosesi berlanjut dengan singkap sindur dimana kedua mempelai dipasangkan kain berwarna merah dan putih. Ini akan dilakukan oleh Ibu Iriana Joko Widodo.

Singkap sindur dengan kain merah putih menandakan kedua pasangan beraani menghadapi tantangan dalam rumah tangga, serta komitmen untuk senantiasa berbuat kebaikan.

Kahiyang dan Bobby selanjutnya akan didampingi orang tua dari keduanya menuju pelaminan.

Sesampainya di pelaminan, Jokowi akan duduk diantara pengantin. Sementara Ibu Iriana bertanya tentang pada Jokowi.

“Ibu (Iriana) nanti tanya, berat mana? Bapak (Jokowi) jawab, tak ada yang berat dan tak ada yang ringan semua sama saja,” katanya.

Menurut Umijatsih jawaban Jokowi itu menandakan tak ada perbedaan dalam memperlakukan Kahiyang dengan Bobby.

Rangkaian terakhir adalah upacara kacar kucur, yaitu mempelai pria memberikan uang receh, kacang-kacangan  hingga empon-empon kepada Kahiyang. Umijatsih menjelaskan hal itu memiliki makna bahwa mempelai pria akan menafkahi lahir batin mempelai wanita.

Resepsi pernikahan Kahiyang dan Bobby berlangsung hingga malam hari. Pernikahan keduanya berlangsung di Gedung Graha Saba, Sumber Solo

Resepsi pernikahan putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu dengan Muhammad Bobby Afif Nasution pada Rabu (8/11/2017) malam tak kalah meriah dengan acara usai akad nikah siang hari sebelumnya.

Pada resepsi malam hari, tamu undangan akan disuguhkan kirab kanarendra. Yakni sebuah iring-iringan pengantin menuju singgasana. (red/rol)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *