by

Iuran Lebih Murah dari Beli Rokok Namun Memiliki Sejuta Manfaat

DEPOKRAYANEWS.COM- Tebaran manfaat Program JKN-KIS dalam membantu masyarakat untuk mengakses layanan kesehatan, semakin menyadarkan masyarakat akan pentingnya Program JKN-KIS.

Manfaat itu dirasakan oleh Suhatrizal (57), seorang peserta JKN-KIS asal Kota Depok. Pria yang sehari-hari bekerja sebagai tukang ojek itu mengatakan bahwa JKN-KIS merupakan program yang sangat baik untuk jaminan kesehatan. Sebab Program JKN-KIS menawarkan sejuta manfaat dengan iuran yang masih terjangkau.

“Awalnya saya memiliki 2 jaminan perlindungan kesehatan. Pertama yaitu Program JKN-KIS dan kedua adalah jaminan perlindungan dari sebuah perusahaan swasta. Iuran jaminan perlindungan dari perusahaan swasta ini lebih besar dibandingkan dengan Program JKN-KIS. Namun saat berobat, saya diberi plafon untuk biaya pengobatan. Sehingga terkadang saya harus mengeluarkan biaya lagi untuk membayar biaya pengobatan saya,” kata Suhatrizal.

Kondisi itu, kata dia, berbanding terbalik dengan Program JKN-KIS. Tidak ada pembatasan saat berobat asal mengikuti semua prosedur. Bahkan penyakit yang parah sekalipun tetap dijamin. Namun iuran bulanannya jauh lebih terjangkau,” ujar Suhatrizal.

Suhatrizal mengatakan berdasarkan pengalamannya berobat, ia merasa lebih puas dengan pelayanan yang diberikan kepadanya sebagai pasien JKN-KIS dibandingkan dengan berobat sebagai pasien asuransi swasta. Dia tidak perlu khawatir memikirkan biaya pengobatan yang sewaktu-waktu bisa membengkak. Sebab pengobatan dalam Program JKN-KIS dijamin penuh selama sesuai prosedur dan indikasi medis.

“Saya sudah merasakan sendiri bagaimana besarnya manfaat Program JKN-KIS. Saya juga sudah sangat paham tentang Program JKN-KIS karena sudah sering mendapat edukasi dari Kader JKN-KIS. Jadi saya berkomitmen mulai saat ini akan rutin dan tepat waktu untuk membayar iuran JKN-KIS, agar Program JKN-KIS bisa terus berjalan dengan baik,” kata dia.

Apalagi, iurannya masih terjangkau. ”Saya membayar untuk 3 orang sekitar yakni Rp 105.000, per bulan. Lebih murah dibandingkan biaya beli setiap bulan,” kata dia.

Menurut Suhatrizal, membayar iuran JKN-KIS secara rutin dan tepat waktu merupakan salah satu upaya untuk menjaga kesehatan. Untuk itu, dia mengajak semua masyarakat untuk melakukan hal yang sama. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Kader JKN-KIS yang senantiasa memberikan edukasi hingga pemikirannya terbuka bahwa Program JKN-KIS sangat penting bagi dalam kehidupan. (HT/mr)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed