by

Jabatan Anies Baswedan Berakhir Tahun Ini, Duet Airin-Ahmad Sahroni Menguat

Depokrayanews.com- Masa jabatan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan habis pada 16 Oktober 2022 mendatang. Posisi yang segera ditinggalkan Anies itu akan diisi oleh aparatur sipil negara (ASN) yang dipilih Presiden Joko Widodo.

Tidak ada Pilkada DKI Jakarta pada tahun ini karena Undang-Undang Pilkada mengatur seluruh pemilihan kepala daerah digelar serentak pada November 2024. Untuk mengisi kekosongan jabatan, pemerintah pusat menunjuk penjabat (Pj) kepala daerah.

Pakar otonomi daerah Djohermansyah Djohan menyebut proses penunjukan pejabat gubernur diawali dengan usulan dari mendagri kepada presiden. Kemudian presiden memilih satu dari tiga nama yang diusulkan. Dari itu diterbitkan Keppres pengangkatan pejabat gubernur.

Meski Pilkada DKI Jakarta masih lama, tapi sejumlah nama calon pengganti Anies sudah mulai beredar di tengah masyarakat.

Ketua Dewan Penasihat DPD Gerindra DKI Jakara Mohammad Taufik menyebut beberapa nama yang santer dibicarakan yakni:

1. Ahmad Riza Patria
Ahmad Riza Patria menjabat sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta setelah berhasil mengalahkan politikus PKS Nurmansjah Lubis dalam pemilihan Wakil Gubernur DPRD DKI Jakarta pada 2020 lalu.

2. Airin Rachmi Diany
Nama Airin Rachmi Diany tiba-tiba disebut sebagai salah satu orang yang berpeluang diusung dalam Pilkada DKI Jakarta pada 2024 mendatang. Airin sendiri bukanlah sosok baru. Ia pernah menjabat sebagai Walikota Tangerang Selatan selama dua periode. Ia bahkan pernah meraih gelar Puteri Indonesia Favorit serta Puteri Indonesia Pariwisata.

3. Bahlil Lahaladia
Nama Bahlil Lahaladia juga sebagai kandidat terkuat maju sebagai orang nomor satu di Ibu Kota. Bahlil baru menjabat sebagai penyelenggara negara pada era kedua pemerintahan Kabinet Indonesia. Bahlil sebelumnya merupakan Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI).

4. Ahmad Sahroni
Nama Crazy Rich Ibukota muncul menjadi salah satu tandingan untuk DKI-1, setelah yang bersangkutan ditunjuk menjadi Organizing Committee (OC) Formula E. Ahmad Sahroni merupakan sosok orang kaya di kawasan Tanjung Priok, Jakarta Utara. Sahroni memiliki gurita bisnis yang tersebar, di mana salah satunya adalah pengangkutan bahan kapal. Sebagai seorang pengusaha sukses, Sahroni juga dikenal sebagai kolektor mobil mewah. Sahroni bahkan kini menjadi Ketua dari Komunitas Ferrari Indonesia. (mad/cnbc)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *