by

Jajanan di Sekolah akan Diawasi Ketat Saat Pembelajaran Tatap Muka 100 Persen

Depokrayanews.com- Walikota Depok, Mohammad Idris mengatakan pihaknya akan melakukan pengetatan terhadap mekanisme mitigasi penanganan Covid-19 di sekolah sehubungan dengan rencana pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) 100 mulai pekan depan.

“Pengetatan dari sisi kontrol terhadap protokol kesehatan. Termasuk jajanan anak-anak. Ini menjadi catatan evaluasi kami, sebab dalam kasus kemarin ternyata anak didik tertular dari penjual jajanan di luar sekolah. Makanya semua pengetatan yang kami lakukan ,” kata Idris dalam sebuah wawancara dengan salah satu stasiun televisi swasta yang dikutip, Selasa 4 Januari 2022.

Pelaksanaan PTM 100 persen sendiri diatur melalui Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 Menteri tertanggal 21 Desember 2021 Nomor 05/KB/2021, Nomor 1347 Tahun 2021, Nomor HK.01.08/MENKES/6678/2021, dan Nomor 443-5847 Tahun 2021 tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19.

Dalam SKB 4 menteri itu terdapat klausul yang mengatakan tidak memperkenankan kepala daerah membuat syarat baru pembelajaran. Artinya kebijakan tersebut menjadi kewenangan penuh kementerian dari empat menteri tersebut.

“Makanya, turunan SKB 4 Menteri ke Peraturan Walikota bukan ditambahkan syaratnya, tapi saya minta ke penggiat dan penanggung jawab pendidikan untuk bertanggung jawab terhadap antisipasi munculnya penyebaran Covid-19,” ujarnya.

Idris juga meminta vaksinasi pelajar di Kota Depok dipercepat di seluruh jenjang pendidikan. Pihaknya berkomitmen target minimal yang ditentukan Kementerian Kesehatan (Kemenkes), yaitu sekitar 183 ribu anak sudah divaksin bisa terpenuhi di pertengahan bulan ini.

“Pertengahan Januari, saya minta sudah 100 persen sesuai standar kementerian. Mudah-mudahan secara simultan kita lakukan terus, kerja sama dan kolaborasi dengan TNI-Polri serta stakeholder untuk bisa ke sekolah. Khususnya ke sekolah di pemukiman agar vaksinasi bisa 100 persen,” kata dia. (ril)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *