by

Jaksa Agung: Tidak ada Pemda yang Bebas Korupsi, Prilaku Suka dan Tidak Suka Masih Ada

DEPOKRAYANEWS.COM- Jaksa Agung ST Burhanuddin yakin tidak ada satu pun pemerintah daerah di Indonesia yang sepenuhnya bebas korupsi.

“Saya yakin enggak ada pemerintah daerah yang enggak ada korupsinya. Yakin sekali pasti teman-teman para inspektorat merasakan itu,” kata Burhanudin di Hotel Borobudur, Jakarta, dalam Rapat Koordinasi Inspektorat Daerah, Rabu 25 Januari 2023.

Acara itu dihadiri Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, Kabareskrim Polri Komjen Agus Andrianto, dan para pejabat Inspektorat Kemendagri se-Indonesia.

Pernyataan Burhanudin ini disambut dengan teriakan para hadirin. Mereka mengamini pernyataan Jaksa Agung. “Betul!” teriak para hadirin.

Ia juga mengatakan dalam pemilihan perangkat daerah, masih ada faktor suka atau tidak suka. Padahal, praktik semacam itu tidak boleh terjadi.

“Tiap pemilihan daerah perangkatnya mulai dari asisten semua berulah, walaupun sekarang sudah enggak boleh, tapi tetap saja like and dislike masih ada,” ujar dia.

Namun, Burhanuddin yakin tidak semua perangkat pemerintah daerah berperilaku koruptif. Menurutnya, pasti ada pejabat yang bersikap jujur.

“Saya yakin dari satu sistem pemerintahan, mungkin di kabupaten, masa nakal semua, ya enggak,” katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Tito mengonfirmasi ucapan Burhanuddin. Menurutnya, tidak sulit menemukan pejabat pemerintah daerah yang melakukan tindak pidana korupsi.

“Kata Pak Jaksa Agung tadi, tidak ada mungkin daerah yang tidak ada pelanggaran tindak pidana korupsi. Tinggal dilempar batu kena dia itu, kalau mau dicari,” kata Tito. (mad)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed